IKLAN

Satu-satu Kota di Indonesia, Manado Terima PKH Award Kemensos


Kadis Sosial, Frans Mawintjere (kedua kiri) menerima penghargaan PKH Award dari Kemensos

Kadis Sosial, Frans Mawintjere (kedua kiri) menerima penghargaan PKH Award dari Kemensos

MANADO-Kota Manado tak habis-habis menyapu bersih penghargaan dari pemerintah pusat melalui program-program unggulan hasil terobosan pimpinan bertangan dingin, GS Vicky Lumentut sebagai Wali Kota.

Setelah meraih penghargaan di bidang kesehatan yang diberikan langsung Kemenkes belum lama ini. Kali ini Kota Manado kembali menyabet penghargaan Program Keluarga Harapan (PKH) Award 2014 dari Kementerian Sosial.
Membanggakan lagi, Manado satu-satunya kota di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.

GSVL, sapaan akrab Wali Kota yang awalnya direncanakan menerima langsung penghargaan itu dari Mensos, Khofifah Indar Parawansa terpaksa hanya mengutus Kadis Sosial, Frans Mawintjere karena bersamaan itu waktu GSVL ‘tersandera’ dengan pembahasan APBD 2015 di DPRD Manado.

Penyerahan penghargaan PKH Award itu berlangsung di lokasi HKSN (Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional) di Arena Ex MTQ Kota Jambi, Sabtu (20/12). Yang menerima masing-masing Gubernur Kepri, Wali Kota Manado dan dua Kabupaten, yakni Bupati Lahat Sumsel dan Bupati Mojokerto Jatim.
Menurut Mawitjere, sebelumnya di tahun 2013 lalu Pemkot Manado meraih Penghargaan PKH Award khusus wilayah Indonesia Timur alias masih tingkat regional. Kini untuk Penghargaan PKH Award 2014 sudah naik tingkat Nasional. “Patut dibanggakan lagi, Manado menjadi Kota di Indonesia satu-satunya yang menerima Penghargaan PKH Award,” kata Mantan Camat Wanea ini.

Dijelaskan Mawintjere, penghargaan PKH ini karena Pemkot Manado dinilai sangat berhasil dan tepat sasaran dalam perlindungan sosial bagi warga kurang mampu alias miskin.
Sasaran yang dilakukan Pemkot Manado untuk melakukan perlindungan sosial dalam bidang kesehatan dan pendidikan khususnya ibu hamil serta anak usia sekolah.

Jumlah penerima atau peserta PKH di Kota Manado hingga saat ini mencapai 2.844. Semoga di tahun 2015 nanti sesuai target yang diharapkan bisa menjangkau seluruh kecamatan di Kota Manado, sambil menunggu data akurat dan terbaru pihak BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Manado. “Penghargaan PKH Award Nasional ini, merupakan cambuk untuk kita bisa terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi perlindungan sosial warga miskin di Kota Manado. Sesuai harapan dan petunjuk Pak Walikota Lumentut, itu harus tepat sasaran di terima warga di 11 kecamatan Kota Manado,” ujar Mawitjere turut didampingi Korwil PKH Sulut Noldy Mangerongkonda STP.(anre)

IKLAN
loading...