IKLAN

Sebelum Beroperasi, Indomaret dan Alfamart Wajib Penuhi IUTM


Anggota DPRD Kota Manado, Mona Claudia Kloer,SH.,MH.

Anggota DPRD Kota Manado, Mona Claudia Kloer,SH.,MH.

MANADO – Anggota DPRD Kota Manado, Mona Claudia Kloer,SH.,MH, mengaskan bahwa usaha retail indomaret dan alfamart, wajib memenuhi persyarakat Izin Usaha Toko Modern (IUTM).

“Indomaret dan alfamaret, wajib memenuhi syarat tersebut. Karena jika tidak bisa, maka mereka dianggap tidak memenuhi syarat dan itu berarti bahwa mereka tidak bisa beroperasi di Manado,” tegas Mona, kepada wartawan manadoline.com, Selasa (15/05).

Politisi perempuan dari Fraksi Gerindra ini, menjelaskan bahwa kewajiban pihak indomaret dan alfamart memenuhi syarat IUTM, jelas dasar hukumnya sebagai diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 112 tahun 2007 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern.

“Indomaret dan alfamart, tidak bisa macam-macam. Syarat IUTM tersebut ada dasar hukumnya, sebagaimana diatur dalam Pepres nomor 112 tahun 2007 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern. Lebih lanjut ada Permendag Nomo 53/M-Dag/Per/12/2008 tentang pedoman penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mematuhi,” terangnya.

Mona yang juga anggota Komisi A DPRD Kota Manado ini, mencurigai keberadaan indomaret dan alfamart di Kota Manado, masih banyak gerai yang tidak mengantongi IUTM. “Soal ini, kami akan tegas. Namanya aturan wajib, jika tidak mampu penuhi jangan beroperasi. Apalagi, kondisi sekarangan mereka seenaknya buka dan langsung beroperasi tanpa memiliki ijin,” pungkasnya. (christian)

IKLAN
loading...