Sejumlah Tempat Usaha Dibidik Dishub, Diduga Penyebab Kemacetan

MANADO – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Manado terus melakukan pemetaan penyebab kemacetan.

Selain sejumlah lokasi yang seenaknya dijadikan kawasan parkir  pemilik kendaraan. Penyebab lain yakni terus menjamurnya pembangunan tem;at usaha, rumah makan dan supermarket.

“Kalau parkir liar sampai sekarang kami terus lakukan penertiban. Sejumlah personil kami setiap hari siaga di 24 titik yang dinilai rawan dijadikan parkiran liar,” jelas Kadishub Manado, M.Sofyan.

Kadishub Manado, M. Sofyan bersama pegawainya turun lokasi memantau penyebab kemacetan depan Giant Extra di Kairagi

Terkait tempat usaha yang diduga juga jadi penyebab kemacetan, Dishub akan melakukan pengkajian Analisa Dampak Lalu Lintas (Andalalin).

“Andalalin wajib dikantongi setiap rumah makan sebelum beroperasi. Itu salah satu syarat jika nantinya akan menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (lalin) dan angkutan jalan,” katanya.

Mantan Camat Tikala ini mengakui, sudah ada beberapa lokasi tempat usaha jadi target pembenahan lalu lintas.

“Di antaranya Giant Supermaket dan rumah makan Bakar Rica di jalan Sudirman. Ini sudah menjadi target kami pekan berjalan ini. Jika ditemukan pemilik usaha punya Andalalin kami akan merekomendasikan kepada instansi teknis terkait perizinan segera meninjau tempat usaha tersebut,” tegas Sofyan,” tegasnya. (antoreppy)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020