IKLAN

Sekilas Tentang Anjungan Sulut di TMII, Wah Aneka Ragam Ditemui


ANJUNGAN Sulawesi Utara (Sulut) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menampilkan dua rumah adat sebagai bangunan induknya, yaitu Wale-Wanaro dan Bolaang Mongondow.

Salah satu anjungan Sulut di TMII

Salah satu anjungan Sulut di TMII, (foto:www.tamanmini.com)

Keduanya merupakan bangunan diatas tiang dengan pintu utama di bagian depan. Kedua bangunan tersebut digunakan sebagai tempat memperkenalkan daerah terkait, khususnya pada aspek budaya dan kepariwisataannya,”jelas situs resmi TMII bisa akses di www.tamanmini.com

Rumah pewaris (wale wangko) kita dapat menyaksikan peragaan busana dari 4 daerah di Sulut yaitu Gorontalo, Boraang Mongondow, Minahasa, dan Sangihe Talaud.

2017, Pemprov Seriusi Revitalisasi Anjungan Sulut di TMII

Sedangkan kolong rumah digunakan untuk memamerkan potensi kekayaan alam, hasil industri dan hasil kerajinan daerah. Di tempat ini juga diperagakan beberapa alat musik tradisional seperti Kolintang dan musik Bambu.

Anjungan ini memiliki tata pertamanan yang terawat. Di bagian depan anjungan di bangun meninggi sebagai gambaran gunung klabat dengan dua buah patung penari cakalele didekatnya.

Dalam jumlah besar, tari perang itu merupakan grup kabasaran yang amat berkesan apabila dijadikan tari penyambut tamu. Patung tinggi unik, karena menggambarkan setumpuk orang dalam posisi saling mendukung adalah Siow Waliana.

Patung yang di puncaknya bertengger burung manguni itu, konon merupakan gambaran religi puerwa dan juga merupakan gambaran sikap hidup masyarakat Minahasa yang suka tolong menolong.

Di tempat tersebut juga dapat kita saksikan Waruga. Merupakan kuburan nenek moyang. Waruga adalah kuburan para kepala suku (tonaas-tonaas) yang dikebumikan dengan posisi duduk dan tangan melipat. Posisi demikian dimaksudkan untuk menyamakan sikap manusia saat masih di dalam kandungan.

Bagian belakang anjungan tampak patung pembuat kopra dan tempat penyulingan saguer kemudian menjadi minuman khas Sulut. Belum sempat melihat anjungan Sulut di TMII? yuk segera kunjungi lokasinya di Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. (sumber: www.tamanmini.com)

IKLAN
loading...