Sempat Ribut, Penertiban Pedagang Bersehati Sukses

ADU TAJAM : Tampak Dirum PD Pasar Hendra Zoenardjy saat mengarahkan untuk penertiban. Sementara pedagang mengancam bakal melakukan pemukulan dengan kayu yang dipegang.

MANADO – Rencana penertiban pedagang barito (bawang, ,rica, tomat) yang dijadwalkan Jumat (7/7) kemarin, berjalan sukses, meski sempat mengalami keributan. Hal ini terpantau, sejak melambatnya aksi petugas PD Pasar karena dihadang pedagang yang tidak mau dagangannya ditertibkan. Sementara, pihak pedagang mengatakan penertiban tersebut dilakukan sepihak dan penuh paksaan.

Salah satu pedagang bernama Ati mengatakan pihaknya sangat merasa keberatan dengan tindakan penertiban tersebut. Sebab, mereka sudah membayar Rp6 juta dalam perjanjian kontrak dengan pihak PD Pasar yang diketahui oleh Direktur Operasional Didi Syafii.

“Kami meminta Direktur Operasional Didi Syafii dihadirkan dalam penertiban ini. Kami ingin berbicara dengan yang bersangkutan, sebab kami sudah membayar tempat untuk dipergunakan dalam berdagang. Tidak hanya itu, Direktur Utama Fery Keintjem juga harus bertanggungjawab. Karena sesuai pembicaraan dengan Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, bukan penertiban tapi penataan yang harus dilakukan,” sembur Ati ketika menolak ditertibkan.

Sementara, Direktur Umum PD Pasar Kota Manado Hendra Zoenardjy (Henzu) yang hadir sebagai Komando Tim Penertib menegaskan penertiban harus dijalankan.

“Kami sudah memberikan kesempatan kepada pedagang dari Mei lalu untuk diadakan pertemuan, namun disepelekan pedagang. Padahal, kami sudah mengundang sebanyak 8 kali pertemuan, namun saja tidak dihargai. Sebab itu, penertiban kepada pedagang yang tidak sesuai rencana penataan harus dilakukan tanpa ada negosiasi apapun, apalagi ditunda,” tukas Dirum Henzu.

Tambahnya, pedagang yang ditertibkan bukan diusir, tapi ditata lokasi berjualannya ditempat yang sudah disediakan, yaitu hanggar yang baru dibangun. Karena, lokasi yang ditertibkan sekarang masuk dalam rencana penataan yang bakal digunakan para penjual kue.

Terpisah, Direktur Utama PD Pasar Kota Manado Fery Keintjem menuturkan apa yang sudah direncanakan PD Pasar yaitu untuk kebaikan semua pihak kedepan. Saat ini, petugas maupun karyawan PD Pasar hanya menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi dan komitmen. (Stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020