IKLAN

Semua Bakal Calon Pilbup Boltim Lengkapi Berkas


 

Sam Sachrul Mamonto. (foto dok)

Sam Sachrul Mamonto. (foto dok)

BOLTIM – Bakal calon kontestan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Boltim memenuhi perbaikan dokumen persyaratan pencalonan dan syarat calon ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) setempat.
Ketua KPU Awaluddin Umbola mengatakan hingga Kamis (13/8) batas waktu yang ditentukan untuk perbaikkan berkas telah dipenuhi ketiga pasangan calon tersebut.

“Pasangan Sehan-Rusdi dan Candra-Supratman telah mengembalikan kemarin (Rabu), Sachrul-Medi memasukkan hari ini,” jelas sambil menyebut sejauh ini sudah dilengkapi, namun masih akan diverifikasi. Jika ada yang meragukan akan verifikasi langsung. KPU memiliki masa penelitian selama enam hari hingga 20 Agustus. Sebelum penetapan calon pada 24 Agustus.

Jika dalam penelitian berkas hasil perbaikan tersebut ditemukan dokumen yang tak lengkap, maka calon yang bersangkutan akan terancam tak memenuhi syarat (TMS).
Sebelumnya, KPU Boltim memberikan catatan atas penelitian berkas tahap satu kepada pasangan calon

Sehan-Rusdi harus memperbaiki formulir B1KWK untuk partai pengusung yang belum dibubuhi meterai dan surat keputusan pencalonan Partai Demokrat.

Sementara Candra-Supratman diminta agar tanda tangan DPP PKS dan cap harus tanda tangan dan cap basah serta adanya perbedaan penulisan nama calon bupati dengan SK tersebut.
Pasangan Sachrul-Medy terdapat perbedaan penulisan nama pengurus partai politik pengusung yang mesti diperbaiki.

Ketiga pasangan calon tersebut diminta memperbaiki Surat Keterangan Catatan Kepolisan (SKCK) dan Surat tanda terima penyerahan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara dari Komisi Pemberantasan Korupsi, melengkapi dokumen tentang pajak dan rekening khusus dana kampanye.

Diketahui pasangan calon Sehan Landjar dan Rusdi Gumalangit diusung PAN, PKB, Gerindra dan Partai Demokrat dengan sembilan kursi DPRD Boltim.

Pasangan calon Sam Sachrul Mamonto dan Medy Lensun diusung PDI-P dan Partai Nasdem dengan empat kursi. Pasangan Candra Modeong-Supratman Datunsolang diusung Partai Hanura dan PKS dengan empat kursi. (yoan)

IKLAN
loading...