Sering Mulas Usai Makan? Cek BAB…

MANADOLINE– Sering mulas sesudah makan? Jika memang anda mengalami hal itu, apalagi sering, bukan berarti karena memiliki sistem pencernaan yang super efisien,” kata Lisa Ganjhu, DO, FACG, AGAF, clinical associate professor of medicine di NYU Langone Medical Center.

Ilustrasi: Instagram @tipskita_id

Justru, Ganjhu mengatakan kondisi itu cenderung merujuk pada saluran pencernaan anda yang tidak ‘tumbuh’. Dalam artian, Buang Air Besar (BAB) tepat setelah makan merupakan refleks yang dimiliki bayi baru lahir. Nah, pada sebagian orang, refleks ini tetap ada meski saluran cerna mereka tumbuh seperti orang normal lainnya.

Sehingga, walaupun kondisi itu tidak cukup ideal, tapi menurut Ganjhu anda tak perlu khawatir atau mempermasalahkan ketika sering langsung BAB setelah makan.

Sementara, Felice Schnoll-Sussman, MD, direktur Jay Monahan Center for Gastrointestinal Health di New York mengingatkan kotoran yang dikeluarkan setelah anda makan bukanlah asupan yang baru dimakan saat itu.

“Bahkan jika makanan yang anda asup memicu BAB, itu (makanan yang baru saja dimakan langsung keluar saat BAB) tidak akan terjadi. Sebab, secara alamiah tubuh memiliki waktu untuk menyerap nutrisi dari makanan yang baru dikonsumsi,” kata Schnoll-Sussman.

Namun, patut menjadi perhatian dan segera cek ke dokter jika kotoran cenderung berair, mengapung, serta beraroma yang amat tak sedap atau ‘normal’. Nah, langsung BAB setelah makan juga bisa dipengaruhi oleh apa yang anda asup saat makan.

Misalnya saja kopi. Ketika Anda minum kopi di sela-sela waktu makan siang atau malam, menurut Ganjhu itu bisa memicu keinginan BAB. Sebab, kandungan kafein pada kopilah yang merangsang perut untuk BAB. Seperti diketahui, kafein bisa membuat usus berkontraksi dan pada akhirnya mendorong feses menuju rektum.

“Jadi itu hal yang normal jika memang anda minum kopi di sela-sela waktu makan dan setelahnya ingin BAB,” ujar Ganjhu.

sumber: Instagram @tipskita_id

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020