Seriusi Persoalan Sampah, Ini yang Dilakukan Wali Kota GSVL

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut saat meninjau kondisi TPA SUmompo
Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut saat meninjau kondisi TPA Sumompo

MANADO – Persoalan sampah di Kota Manado akan terus menjadi masalah paling akut jika tidak mendapat dukungan penuh masyarakat.

Pemkot Manado kini lagi jor-joran memerangi masalah sampah mengingat volume sampah di Kota Manado terus meningkat sementara Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dimiliki Pemkot Manado di Sumompo over capacity.

Bahkan, sekarang ini sudah tidak layak lagi sebagai TPA karena sudah membukit.

“Ini akibat bencana banjir yang terjadi tahun 2014 lalu. TPA kita menjadi tempat untuk membuang puing-puing atau sampah banjir yang sangat banyak. Sehingga, TPA kita tidak lagi lembah tetapi sudah menjadi bukit dan tidak layak lagi,” ujar Wali Kota GS Vicky Lumentut (GSVL).

Ini diungkapkan orang nomor satu di ibukota Provinsi Sulut saat meninjau lokasi TPA didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Manado,  Peter  Assa, Kepala Bapelitbang, Linny Tambayong dan Kadispora,  Lenda Pelealu akhir pekan lalu.

Kondisi TPA tersebut membuat GSVL buat terobosan baru degan membangun Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) di 11 kecamatan. Selanjutnya, memberikan bantuan motor sampah kepada 504 lingkungan se Kota Manado

“Saya berusaha mencari jalan keluar bagaimana mengatasi persoalan sampah ini. Makanya, sekarang ini kita sedang menyiapkan TPSS di 11 kecamatan, serta memberikan bantuan motor sampah kepada 504 lingkungan. Nantinya, TPS (Tempat Pembuangan Sementara) yang ada di pinggir jalan akan kita bongkar,” jelas GSVL.

Untuk sampah di TPSS di setiap kecamatan akan dipilah sebelum di bawa ke TPA.

“Sampah mana yang bisa didaur ulang akan dipilahkan, mana yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan kerajinan tangan akan diisendirikan, dan mana yang sama sekali tidak dapat digunakan akan dibawa ke TPA,” jelas Ketua Dewan Pengawas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). (antoreppy)

 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020