Setelah Sekolah, Giliran Sebagian ASN dan THL Pemkot Bitung Diliburkan

BITUNG – Setelah sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung meliburkan sekolah mulai dari tingkatan PAUD, SD dan SMP, kini giliran sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) diliburkan. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor: 008/108/WK. “Terhitung tanggal 17 Maret 2020, sebagian ASN dan THL Pemkot Bitung tak lagi masuk kantor,” ungkap Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban (MJL), Senin (16/03/2020).

Surat Edaran ini kata MJL, merupakan tindaklanjut edaran MenPan-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) Nomor 19 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah. “Hanya pejabat eselon II dan III yang tetap melaksanakan tugas kedinasan dengan masuk kantor sesuai dengan jam kerja. Sedangkan pejabat eselon IV, staf fungsional umum dan THL bekerja dari rumah mulai 17 hingga 31 Maret 2020,” ujar MJL sembari menambahkan nanti efektif masuk kerja kembali pada 1 April 2020 nanti.

Wali Kota MJL juga menginstruksikan Kepala Perangkat Daerah (KPD) segera menyusun jadwal piket untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi di masing-masing Perangkat Daerah (PD), sehingga pelayanan masyarakat tetap berlangsung. “Selama bekerja dari rumah ASN dan THL melaksanakan pekerjaan lewat sistem online yang dilaporkan secara berjenjang dan alat komunikasi tetap diaktifkan,” tegasnya.

Selain melibutka sebagian ASN dan THL, lanjut Lomban, terhitung 16 Maret 2020 absensi yang menggunakan fingerscan ditiadakan, tapi dilakukan secara manual. Tetapi pembayaran TPP di bulan Maret 2020, dibayarkan berdasarkan daftar hadir yang dilaporkan Kepala Perangkat Daerah. “Untuk sementara semua kegiatan rapat dan kegiatan lainnya yang menghadirkan banyak orang ditunda. Begitu juga perjalanan dinas ke luar daerah yang tidak begitu penting dan mendesak juga harus ditunda. Serta melarang ASN dan THL bepergian dari rumah, pergi ke tempat umum atau hiburan. Tapi marilah kita tetap waspada dan berdoa semoga daerah kita dijauhkan dari virus corona,” tandasnya.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020