IKLAN

SHS Minta Urusan Pertanahan Diserahkan ke Daerah


Sarundajang1MANADO-Komite Satu DPD RI yang dipimpin langsung oleh Benny Ramdhani, Kamis (25/6) melakukan uji materi undang-undang pertanahan di Pemprov Sulut.

Dalam uji materi undang-undang pertanahan banyak sekali masukan yang diterima oleh DPD RI. Salah satunya diusulkan oleh Gubernur Sulut, DR. S H Sarundajang agar urusan pertanahan diserahkan ke daerah.

unnamed (4)Karena diakui Sarundajang persoalan tanah yang terjadi di daerah khususnya Sulut, jika diserahkan ke daerah maka dapat segera ditindaklanjuti.

“Jika daerah tidak diberikan kewenangan penuh. Maka persoalan manipulasi tanah, data base yang amburadul dan mafia tanah ajan terus terjadi,” jelas Sarundajang. Sambil berharap  dengan dukungan DPD RI semua bisa terlaksana secepatnya.

Sedangkan Ketua Tim Komite I DPD RI Benny Rhamdani membenarkan juga jika urusan pertanahan masih di pusat maka persoalan tanah akan terus terjadi dan sulit diselesaikan. Apalagi tata kelola dan hal lainnya akan merugikan daerah. Untuk itu DPD bersama pemerintah daerah bersama DPRD mengusulkan dan mendesak agar urusan pertanahan diserahkan ke daerah. “DPD RI  mendesak agar pemerintah segera menyerahkan urusan pertanahan ke daerah,” Tukas Ramdhani. (mom)

IKLAN
loading...