Sidak ASN, Ini Yang Didapati Plt Sekda Mitra

Kegiatan sidak yang dilakukan Plt Sekda Drs Robby Ngongoloy ME MSi.
Kegiatan sidak yang dilakukan Plt Sekda Drs Robby Ngongoloy ME MSi.

RATAHAN — Janji Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Robby Ngongoloy ME MSi, untuk melaksanakan inspeksi mendadak secara rutin di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) sudah mulai nampak. Terbukti sejumlah kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Mitra, Kamis (8/3/2018), disambangi sekda saat jam kantor akan dimulai.

Hal tersebut untuk melihat sejauh mana disiplin waktu, para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang datang ngantor dari Senin hingga Jumat.

Bersama tim kecil Ngongoloy menyisir perkantoran Blok A dan sebagian Blok B, mulai dari Kantor Sekretariat, Inspektorat, Pertanian, BKPSDM, Bappeda dan Pendidikan.

Alhasil saat sidak di Sekretariat, Ngongoloy hanya mendapati dua Kepala Bagian (Kabag) Setda yang standby di kantor, dari sembilan Kabag yang yang ada.

“Akan ada tindakan khusus bagi mereka yang tidak ada ditempat. Kecuali jika sedang tugas luar, dan itu dibuktikan dengan surat tugas,” sebut Ngongoloy.

Plt Sekda Drs Robby Ngongoloy ME MSi menekankan tenaga honor pun tak akan luput dari sidak rutin.

Ia pun menyebutkan, sidak terpaksa dilakukan sebab dari hasil evaluasi sudah banyak ASN yang tidak hadir tepat waktu.

“Sidak yang kami lakukan ini berdasarkan hasil evaluasi. Karena saat ini sudah banyak pegawai yang tidak hadir tepat waktu,” tambahnya.

Sekda menjelaskan sudah diatur bahwa ASN diberi waktu mulai 07.45 hingga 08.00 untuk melakukan finger print atau absen dengan sidik jari. Namun masih banyak yang lalai terkait hal itu.

Lanjut Sekda menekankan akan terus melakukan sidak agar ASN bisa terbiasa untuk mengisi absen tepat waktu.

“Ini baru awal, dan ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Hasil sidak hari ini akan ada tindak lanjuti secara rutin,” terangnya.

Selain ASN, Sekda mengatakan akan diberlakukan juga kepada honorer. “Sidak akan dilakukan diwaktu pagi dan sore, tergantung situasi,” katanya.

Ditambahkan ASN juga harus memperhatikan jam pulang kantor, karena telah ditetapkan jam 16.15 absen dimulai. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020