Sisir Hingga Perbatasan Gorontalo, Supriyadi Pangellu Beri Penguatan Pengawasan

Pimpinan Bawaslu Sulawesi Utara, Supriyadi Pangellu memantau kerja pengawasan jajarannya di Bolmong Utara. (foto:ist)

MANADO – Pimpinan Bawaslu Sulawesi Utara, Supriyadi Pangellu,SH selama tiga hari, Kamis 16-18 Juli 2020 melakukan supervisi dan monitoring kepada 107 Pengawas Desa, Kelurahan dan Kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Dimulai dari Kecamatan Sangkup kemudian berakhir di Kecamatan Pinogaluman berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo, Supriyadi memberikan penguatan tugas-tugas pengawasan kepada mereka yang bekerja melakukan pengawasan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP).

“Pengawas Kelurahan dan Desa di 6 Kecamatan Kabupaten Bolmong Utara saya datangi. Kedatangan saya untuk memastikan kesiapan mereka melakukan kerja pengawasan terhadap tahapan Coklit yang dilakukan oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih. Supervisi dan monitoring ini, saya tegaskan kepada mereka untuk melaksanakan tugas sesuai regulasi yang ada,” kata Supriyadi Pangellu.

Menurutnya, kepada Pengawas Kecamatan yang didatanginya diminta untuk turun lapangan untuk melakukan supervisi dan monitoring terhadap kerja pengawasan yang dilakukan Panwas Desa dan Kelurahan dalam tahapan Coklit, termasuk ikut bersama melakukan pengawasan.

Putra Porodisa ini menuturkan, dalam melakukan kerja pengawasan pada tahapan Coklit, banyak hal teknis yang akan ditemui di lapangan seperti warga yang sudah meninggal masih tercatat kemudian warga sudah berpindah tempat tinggal sehingga tidak bisa ditemuai.

“Saya tegaskan saat turun lapangan, pengawasan harus cermat dan teliti mengantongi bukti yang valid yang kemudian dilakukan koreksi kepada petugas PPDP. Jika ada hal yang kurang dipahami, Panwas Desa dan Kelurahan diminta berkonsultasi dengan Panwas di Kecamatan. Jangan salah salah mengolah informasi dan data yang tidak valid, ini akan berdampak buruk pada integritas sebagai pengawas,” tegas mantan Ketua Bawaslu Talaud ini.

Sementara itu, anggota Panwas Kecamatan Bintauna Iswandi Binolombangan mengaku merasa bangga bisa mendapatkan kunjungan dari pimpinan Bawaslu Sulut, Supriyadi Pengellu,SH memberikan penguatan terhadap kerja-kerja pengawasan yang dilakukan mereka.

“Saya bersama teman-teman Panwas Kecamatan sampai Desa dan Kelurahan mengapresiasi kunjungan dari Pimpinan Bawaslu Sulut, Pak Supriyadi Pengellu,SH yang peduli dengan kerja pengawasan yang sedang kami lakukan,” ujarnya.

Dia menambahkan, selain memberi penguatan kerja pengawasan, Supriyadi Panggelu,SH juga meminta mereka tetap menerapkan prosedur kesehatan pencegahan Covid-19 dalam menjalankan tugas pengawasan. “Pim Adi meminta kita untuk mengikuti prosedur kesehatan mencegah virus corona, pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak memakai APD saat menjalankan tugas,” pungkasnya. (hcl)