IKLAN

SK Pencalonan, Imba Aman dari Konflik Golkar


MANADO-Meskipun Pilkada di Kota Manado belum juga dilaksanakan sampai di awal bulan Januari 2016. Namun posisi calon walikota Kota Manado Jimmy Rimba Rogi masih tetap aman.

Stevanus Vreeke Runtu

Stevanus Vreeke Runtu

Informasi yang dirangkum harian ini menyebutkan, Jimmy Rimba Rogi aman dari konflik Partai Golongan Karya (Golkar) pusat. Terkait Surat Keputusan (SK) pencalonan.

Pasalnya Partai Golkar tetap mengusung Imba sapaan akrab Jimmy Rimba Rogi sebagai calon walikota manado.

“SK pencalonan dari partai  Golkar tidak berpengaruh dengan adanya konflik di pusat. Karena partai Golkar di Sulut tidak ada konflik,”papar Ketua DPD Golkar Sulut, Stevanus Vreeke Runtu.

Hal yang sama juga diungkapkan, Sekertaris Golkar Sulut, Eddison Masengi. Menurutnya, sampai hari ini Golkar Sulut tidak memiliki konflik. Hanya di pusat yang memiliki konflik dan terjadi kubu-kubuan.

“Di Sulut semuanya berjalan berdasarkan AD/ART partai. Dan untuk Manado, Golkar masih tetap mengusung Pak Imba sebagai Walikota Manado,” ungkap Masengi.

Diketahui, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 12 tahun 2015 tentang syarat pencalonan. Yaitu hal kepengurusan Partai Politik di tingkat provinsi atau kabupaten dan kota hanya terdapat satu kepengurusan, Pengurus Partai Politik di tingkat pusat menuangkan dalam surat pernyataan keberadaan satu kepengurusan di tingkat tersebut.

Ayat enam, dalam hal kepengurusan Partai Politik di tingkat provinsi atau kabupaten dan kota terdapat dua kepengurusan, masing-masing pengurus Partai Politik mengajukan satu paslon yang sama sesuai dengan persetujuan parpol di tingkat pusat.

Pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka berpendapat, mengenai konflik Partai Golkar di pusat memang seharusnya tidak mengganggu persyaratan calon Imba. Karena pendaftaran dan klarifikasi syarat calon sudah lewat. Jika KPU Manado mempersoalkan syarat calon mengenai SK pencalonan partai pak Imba maka KPU melanggar tahapan.

“Sekarang ini tahapan pilkada sudah dibekukkan dan sudah masuk pada tahapan pungut hitung, jangan kembali lagi ke tahapan pencalonan tentang syarat calon,” aku Tumbelaka. Sambil berharap Pilwako Manado segera dilaksanakan. (mom)

IKLAN
loading...