Soal Pariwisata Manado, Jokowi Beri Masukan ke Walikota GSVL

MANADO — Walikota Manado GS Vicky Lumentut menyampaikan pesan presiden republik Indonesia Joko Widodo kepada warga Manado terkait pembangunan pariwisata beserta pelayanannya yang baik dan maksimal.

Kata-kata Walikota Vicky lumentut ini diucapkan saat membawakan sambutan dalam acara HUT Kota Manado ke-396 bertempat di pulau Bunaken Kecamatan Bunaken kepulauan.

Dalam kesempatan itu, Walikota mengulangi pesan Jokowi, bahwa untuk menjadi daerah tujuan wisata yang diprioritaskan di Indonesia ini, atau dengan istilah menjadi Bali yang kedua di Indonesia, maka harus dilakukan beberapa perubahan.

“Pertama, Manado harus tingkatkan sumber daya manusianya. Kalau senyum, semua tidak ada yang bisa mengalahkan Manado karena murah senyum. Kedua, mengenai pelayanan di restoran harus lebih ramah dan sopan, jangan tunggu tamu yang teriak-teriak minta pesanan, tapi layanilah dengan baik,” ujar Walikota.

Tambahnya, yang kedua pesan Jokowi, diminta supaya turis yang datang tidak salah jalan, tidak bingung terkait lokasi wisata.

“Presiden meminta saya untuk adakan pelatihan bagi SDM untuk bisa berkomunikasi dengan para turis yang datang. Karena 80% lebih turis kita sekarang dari Cina. Sebab itu, pelatihan bahasa Mandarin menjadi prioritas,” tutur Walikota.

Pungkasnya, kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, agar bisa menyediakan iven tertentu di lokasi wisata seperti Bunaken, agar turis tau ada kegiatan dan ramai, bukan kaku dan sunyi. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020