Soal PC Satelit Penginderaan Jauh akan Dimiliki Pemkot, Ini Kata Wawali Mor

Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Orbita Roswintiarti, Wawali Manado, Mor Bastiaan, Pusat Citra Satelit Penginderaan Jarak Jauh, Lapan
Wawali Manado, Mor Bastiaan memberikan bingkisan kepada Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Orbita Roswintiarti
Wawali Manado, Mor Bastiaan memberikan bingkisan kepada Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Orbita Roswintiarti

MANADO – Setelah melakukan kunjungan ke Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Jakarta, Wawali Manado, Mor Bastiaan berjanji Pemkot Manado akan segera memiliki Peta Citra (PC) Satelit Penginderaan Jauh demi melengkapi kecanggihan teknologi yang dimiliki Command Center Cerdas saat ini.

“Saat ini Pemerintah Kota Manado baru membangun Data Center dan Command Center yang rencananya data-data Pusat Teknologi Data LAPAN ini akan segera diolah dan ditampilkan di Command Center,” kata Mor.

Data tersebut akan di olah ASN kapabel dan mereka pernah ikut Bimtek di Pustekdata.

“Banyak data yang akan dikelola menggunakan Peta Citra yang ada di Pustekdata, termasuk data perijinan, pajak dan pertanahan, potensi banjir dan gempa,” ujarnya didampingi  Kabid Aplikasi dan Informatik Diskominfo Manado, Heintje Lombone.

Dalam rangka mendukung terintegrasinya data melalui Sistem Informasi Data Spasial yang akan segera kami dibuat, Pemkot Manado perlu memiliki data Sistem Informasi Geografi (GIS) yang diperoleh di Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Data Citra Satelit Penginderaan Jauh yang diperoleh dari Pustekdata LAPAN.

“Data citra satelit penginderaan jauh kami akan gunakan untuk mendukung monitoring dan pembaruan data di Sistem Informasi Data Spasial Kota Manado, baik dari segi informasi pembaruan data harian, bulanan, dan tahunan, seperti untuk monitoring kegiatan pembangunan perumahan, jalan, dan lain sebagainya,” katanya.

Dalam kunjungan ke LAPAN, Mor memperlihatkan gambar-gambar Command Center Pemkot Manado yang salah satu fungsinya akan memasukan data-data dari Pustekdata.

“Nantonya Pemerintah Kota Manado kedepan dapat memonitor letak dan kedudukan kota berdasarkan data yang bisa dipantau berdasarkan peta citra yang secara update bisa kita dapat,” ujar suami tercinta Ny. Imelda Markus.

Diakhir kunjungan Wawali Mor memberikan bingkisan berupa makanan khas Manado (kue tart) ke Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Orbita Roswintiarti. (antoreppy)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020