IKLAN

Sondakh: Bitung, Kota Pertama Terapkan IUMK


Hanny Sondakh

Hanny Sondakh

BITUNG-Menindak lanjuti Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Perpres PTSP) dan Peraturan Presiden Nomor 98 tentang Izin Usaha Mikro dan Kecil (Perpres IUMK), Pemkot Bitung melalui Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal Daerah (BPPT-PMD) telah melakukan sosialisasi ke 15 Kelurahan.

 

Hal ini dikatakan Walikota Bitung Hanny Sondakh, Minggu (12/4). Menurut Sondakh sosialisasi ini merupakan komitmen pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan upaya pemberdayaan pelaku usaha mikro dan kecil. Dengan Perpres IUMK ini, izin kepada pelaku usaha mikro dan kecil dilakukan secara sederhana melalui penerbitan izin dalam bentuk naskah satu lembar.

 

”Pemberian IUMK kepada usaha mikro dibebaskan dari biaya, retribusi, dan pungutan lainnya, sedangkan bagi usaha kecil diberikan keringanan dengan tidak dikenakan biaya, retribusi, dan pungutan lainnya,” tukas Sondakh.

 

Menurutnya, sosialisasi sudah dimulai sejak akhir tahun 2014 dan terus digalakan sampai sekarang, bahkan sudah ada beberapa pelaku usaha yang datang mengurus ijin guna mempermudah usaha mereka.

 

“Pengurusan IUMK diseluruh Indonesia, Bitung adalah yang pertama kali menerapkannya. Hal ini menjadikan Bitung sebagai percontohan bagi Kabupaten/Kota yang ada diwilayah Indonesia,” pungkasnya. (jones)

IKLAN
loading...