IKLAN

Ssstt… Batas Pembersihan APK Lewat Satu Minggu, Baliho Calon Masih Terpasang


Baliho Paslon di Pulau Lembeh

Baliho Paslon di Pulau Lembeh

BITUNG-Masyarakat Kota Bitung mempertanyakan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa Baliho dan Spanduk yang dipasang oleh pasangan calon karena sudah lewat satu Minggu dari batas akhir yang ditetapkan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung untuk dibersihkan, tetapi sampai saat ini masih juga terpasang.

“Aturan dibuat untuk ditaati bukan untuk dilanggar, saya kira sudah jelas bahwa APK yang dipasang oleh calon sebelum penetapan KPU harus dibersihkan paling lambat tanggal 27 Agustus 2015, dan yang ada hayalah APK yang dipasang oleh KPU, tetapi anehnya masih ada baliho calon yang diturunkan disejumlah lokasi, bagaimana dengan penegakkan aturan di Bitung..?,” ujar Jerry Lumare dengan nada tanya, Rabu (2/9).

Salah satu personil Panwas Kota Bitung Roby Kambey, ketika dikonfirmasi manadoline.com, menjelaskan bahwa sesuai aturan sesudah tanggal 27 Agustus 2015, hanya baliho dari pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bitung yang difasilitasi oleh KPU. Sedangkan yang dipasang oleh Calon sebelum tanggal 27 Agustus harus dibersihkan atau diturunkan.

“Kalau ada laporan yang masuk, maka Panwas akan segera menindaklanjuti. Dalam mengambil tindakan, akan dilihat dari jenis pelanggaran tersebut, dan sanksinya bisa sampai pada diskualifikasi terhadap pasangan calon ,” jelas Kambey.

Sementara itu, Ketua tim sukses Pasangan Calon Stevanus Pasuma-Mario Karundeng (PAKAR) Yunus Karel, saat dikonfirmasi terkait baliho  Pakar yang belum diturunkan mangatakan, telah menginstruksikan kepada semua tim untuk segera membersihkan semua APK.

“Kami akan cek kepada tim yang berada dilapangan terkait masalah APK,” kata Karel. (jones)

IKLAN
loading...