Study Tour ke Kabupaten Raja Empat, Pasca Sarjana IPPW Berbagi Kasih Dengan Masyarakat Arborek

Rombongan study tour Prodi Pasca Sarjana IPPW Unsrat Manado saat mengunjungi pulau Arborek untuk penelitian.

MANADO – Mahasiswa Pasca Sarjana Program Studi (Prodi) Ilmu Perencanaan dan Pembangunan Wilayah (IPPW) Universitas Sam Ratulangi Manado baru-baru ini melakukan study tour sekaligus bakti sosial ke Kabupaten Raja Empat Provinsi Papua Barat.

Dalam pembelajaran tersebut, sasaran topik yang diteliti ialah analisis perubahan sosial terhadap masyarakat yang didalamnya terdiri dari faktor penyebab perubahan sosial, faktor pendorong perubahan sosial, dan faktor penghambat perubahan sosial. Rombongan study tour ini langsung dipimpin Kepala Prodi IPPW Dr. Ir. Charles R Ngangi, MS.

Dalam kesempatan itu, Kaprodi yang akrab disapa Mener Cha mengatakan kunjungan rombongan mahasiswa bersama dosen ke Kabupaten Raja Empat untuk melakukan penelitian, sebagaimana yang sudah menjadi kebiasaan dari Prodi IPPW, melakukan penelitian keluar kota dan mempelajari berbagai masalah disesuaikan dengan mata kuliah yang sedang dipelajari.

Ketua panitia Denny Keintjem saat menyerahkan bantuan buku bagi anak-anak di pulau Arborek.

“Untuk mahasiswa Pasca Sarjana IPPW angkatan 2017, di semester pertama ini melakukan penelitian ke Kabupaten Raja Empat Provinsi Papua Barat. Tujuan kunjungan ini untuk mempelajari perubahan sosial sesuai dengan mata kuliah yang sementara dipelajari,” tukas Mener Cha.

Lanjut dikatakan, hasil dari penelitian tersebut kemudian dipresentasikan mahasiswa yang sudah dibagi dalam beberapa kelompok. Setelahnya, materi penelitian yang sudah dipresentasikan didepan dosen dibuat dalam bentuk laporan buku.

Sementara, ketua panitia rombongan study tour mahasiswa IPPW, Denny Keintjem menjelaskan, selain dilakukan penelitian juga dilakukan bakti sosial bagi masyarakat. Dimana, dalam study tersebut pulau Arborek Kabupaten Raja Empat menjadi tujuan lokasi penelitian sekaligus pembagian buku bagi anak-anak di pulau itu. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020