Sualang Dorong Disnaker Sulut Tingkatkan SDM Tenaga Kerja Lokal

MANADO-Richard Sualang anggota Komisi IV DPRD Sulut membidangi Kesejahtraan Rakyat (Kesra) mendorong Dinas Tenaga Kerja
Provinsi Sulut agar meningkatkan SDM tenaga kerja yang ada di Sulawesi Utara.

Hal ini diakui Sualang, dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), khusus tenaga kerja lokal akan mampu bersaing
dengan tenaga kerja dari luar daerah, apalagi Upah Minimun Provinsi (UMP) saat ini naik menjadi Rp3,3 juta.

“Apa yang saya sampaikan ini bukan untuk memproteksi. Tapi akan menjadi acuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di sulut,”ucap mantan anggota DPRD Kota Manado ini.

Lanjut Sualang, Kalau angkatan kerja kita ini bisa dipenuhi oleh warga Sulut, tentunya tidak akan banyak lagi pendatang dari luar mencari kerja disini.

“Jadi saya kira memang UMP meningkat di Sulut jadi seperti lampu. Makanya Disnaker programnya harus lebih banyak kepada peningkatan SDM,” tegas Sualang.

Sualang juga mengungkapkan, gubernur dan wagub sudah bisa melihat bahwa masalah SDM tenaga kerja di sulut sudah sangat pelik, maka dari itu perlu dibentuk Satuan Tugas (SATGAS) tenaga kerja.

“Gubernur dan Wakil Gubernur bisa melihat urusan SDM ini pelik, peliknya itu susah-susah gampang dalam meningkatkan SDM tenaga kerja. Saya mengusulkan supaya dipercepat bagi instansi-instansi terkait harus buat satgas tenaga kerja,” tambahnya.

Selain mendorong Disnaker, Icad sapaan akrab politisi PDI Perjuangan dapil Manado, mendorong juga kepada Dinas Pendidikan daerah bisa bekerjasama dengan perusahaan agar setiap tahun angkatan kerja 75 persen bisa diisi oleh tenaga kerja lokal.

“Seperti di Dikda, mereka dorong SMA dan SMK, ketika lulus bukan lulus nilai, tapi lulus kualifikasi untuk mendapatkan pekerjaan. Kalau lulus nilai kan dia pasti melamar-melamar, tetapi kalau dia ada kualifikasi pekerjaan perlu kerjasama dengan pihak swasta, supaya ketika lulus dapat ijasah dan dapat sertifikat kompetensi,” tutup Sualang di ruang kerjanya. (27)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020