IKLAN

Sualang: Kinerja PT Air Manado Gagal, Pemkot Harus Berani Bubarkan dan Kembalikan ke PDAM


SAM_0126MANADO – Dianggap gagal total, PT Air Manado diminta untuk bubar dan segera dialihkan pengelolaan air bersih kembali kepada PDAM Manado. Pasalnya, sejak beroperasi pada tahun 2005 setelah diberlakukannya kerjasama antara WMD Belanda dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui PDAM, perusahan ini terus menunjukkan kinerja kurang memuaskan.
Kinerja dan pelayanan buruk PT Air Manado kepada masyarakat yang merupakan konsumen air bersih, ternyata menjadi catatan khusus dari DPRD Kota Manado, bahkan Wakil Ketua DPRD Kota Manado dr. Richard Sualang menegaskan sebaiknya PT Air Manado itu dibubarkan saja.
“Pemerintah segera mengambil sikap tegas dengan memutuskan hubungan kerjasama dengan pihak WMD Belanda. Segera bubarkan saja PT Air Manado,” tegas Sualang kepada sejumlah wartawan, usai menggelar reses di Kelurahan Kleak belum lama ini.
Lebih lanjut, dirinya mengatakan bahwa pelayanan air bersih terus menjadi masalah klasik. Semua tahu, PT Air Manado kerjanya tidak maksimal termasuk pelayanannya kepada masyarakat.
“Pelayanan air bersih masalah klasik, PT Air Manado tidak maksimal bekerja karena ketika mereka maksimal tidak ada keluhan warga dari masyarakat. Kami sarankan, pemerintah berani memutuskan kerjasama dan bubarkan PT Air Manado. Ada pengalaman dari satu daerah terkait pemutusan kerjasama dengan melakukan tindakan abritrase internasional dan akhirnya berhasil, meski biaya untuk itu sangat besar,” ungkapnya.
Kepedulian pemerintah dalam memaksimalkan pelayanan air bersih kepada masyarakat tergantung dari berani atau tidakknya pemerintah bertindak tegas dengan pertimbangan anggaran sehingga PDAM bisa dimaksimalkan kembali.
“Ini kalau pemerintah mau. Lebih baik hidupkan kembali PDAM, karena infrastruktur sekarang justu ada sejak PDAM. 5 tahun saya menjabat anggota dewan, air bersih terus dikeluhan masyarakat. Masalah ini sudah disampaikan ke pemerintah kota tapi tidak ditanggapi, sehingga saya minta lebih baik PT Air Manado dibubarkan saja. Persoalan nyali karena duit ada, tapi jika duit ada tapi nyali tidak ada mau buat apa,” tegas Ketua PDI Perjuangan Manado, sembari menambahkan. (christian)

IKLAN
loading...