IKLAN

Hari lahirnya Pancasila

Suawa Menilai Keadilan Belum Menjadi Milik Seluruh Rakyat


Juliwati Dewi Suawa

Juliwati Dewi Suawa

BITUNG-Berbagai pengalaman pahit dan cobaan yang telah kita lalui terbukti, bahwa di atas dasar Pancasila kita tetap terpelihara sebagai sebuah Negara Kesatuan Republik Indonesia, kini saatnya untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam arti yang sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya.

“Peringatan hari lahirnya Pancasila, 1 Juni 2016, adalah moment strategis bagi seluruh komponen bangsa untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila yang menjadi ideologi milik seluruh warga bangsa Indonesia dapat hadir serta berfungsi sebagai penjaga keutuhan, perekat persatuan dan kesatuan bangsa serta pemelihara harapan rakyat,” ujar Juliawati Dewi Suawa, Ketua fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Bitung, Rabu (1/6).

Ia mengakui, implementasi sila ke-5 dalam Pancasila yakni ‘Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’, masih belum terealisasi secara nyata dalam konteks berbangsa dan bernegara. Masih banyak ketidakadilan dalam semua bidang menjadi bagian kehidupan masyarakat, secara khusus di Kota Bitung.

“Persoalan ribuan tenaga kerja Perikanan dan THL di Kota Bitung yang dirumahkan, Pendidikan yang belum merata, pelayanan Kesehatan, pemberian bantuan kepada masyarakat dan masih banyak lagi bentuk ketidakadilan dialami oleh rakyat, ditambah lagi dengan telah terjadi degradasi moral dimana kejahatan seksual dan lingkungan merajalela,” katanya.

“Kondisi ini harus disikapi dengan bijaksana oleh semua elemen masyarakat, dengan menjadi tanggungjawab bersama secara khusus Pemerintahan yang ada untuk mengaktualisasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila sebagai Ideologi bangsa Indonesia ditengah perbedaan,” pungkasnya. (jones)

IKLAN
loading...