Sulut Lirik Industri Rumah Tangga

Ketua Tim Penggerak PKK (Sulut) Ir. Rita Maya Dondokambey Tamuntuan saat membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan untuk meningkatkan pengetahuan ketrampilan di Aula Kantor Dinas Koperasi Sulut,  Selasa ( 21/11/2017) (foto:Ist)

MANADO— Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Rita Maya Dondokambey Tamuntuan mengata:kan pembangunan daerah diperlukan keterampilan kemampuan dan kerja keras khususnya bidang industri rumah tangga.

Hal tersebut dikatakan saat membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan untuk meningkatkan pengetahuan ketrampilan di Aula Kantor Dinas Koperasi Sulut,  Selasa ( 21/11/2017).

“Ini dibutuhkan tekad dan semangat demi pembangunan daerah termasuk juga industri kecil yang dikelola umumnya tingkat menengah ke bawah juga merupakan upaya dalam mendorong pembangunan,”jelas Istri tercinta Gubernur Sulut Olly Dondokambey tersebut.

Lanjutnya, dengan industri berbagai produk mulai dari makanan, minuman, aneka tenunan tradisional, pakaian, perhiasan, seni kerajinan hingga bahan bangunan dan furniture, serta berbagai produk komponen otomotif telah dihasilkan pengusaha kita.

Menurutnya, keberadaan industri rumah tangga di daerah berkontribusi pasitif pada pergerakan roda perekonomian daerah melalui penyedia lapangan kerja, serta persediaan produk pangan untuk konsumsi masyarakat. Karena itulah industri rumah tangga harus terus ditumbuh kembangkan.

“Kita harus jadi pelopor dan motivator bagi masyarakat. Hal ini penting karena kita era globalisasi, telah memberikan kontribusi pada semakin ketatnya persaingan negara negara di dunia, termasuk Sulut dalam upaya meningkatkan kegiatan eksport, investasi dan industri, yang muaranya adalah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, “jelas Rita

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi Sulut Christian Talumepa, menjelaskan Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan dapat meningkatkan pengetahuan keterampilan. Seperti diketahui bahwa PKK sangat mengakar, dari tingkat desa dan kelurahan.

“Dengan adanya pelatihan kepada ibu – ibu PKK diharapkan mereka mampu mengimplementasikan kepada ibu – ibu rumah tangga yang lain sehingga dapat membantu menciptakan tenaga kerja, mengurangi pengangguran, yang tidak berpenghasilan menjadi berpenghasilan dan terciptanya home industri demi peningkatan ekonomi, “kunci Talumepa.

(srikandi)

 

 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020