Sulut Sodorkan Kapal Perpustakaan

SEPI: Minat baca masyarakat di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulut tepatnya disamping lapangan Tikala Manado, pantauan Manadoline hanya 2-5 orang pembaca. Sekretaris Dinas Linda Kotabunan
SEPI: Pengunjung Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulut tepatnya disamping lapangan Tikala Manado, pantauan Manadoline siang hingga sore tadi, tidak mencapai puluhan orang. Sekretaris Dinas Linda Kotabunan mendorong perlunya inovasi baru menarik minat baca, Selasa (9/5/2017) (foto:kandi/ML)

MANADO– Inovasi baru memberdayakan gemar membaca dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Utara (Sulut) dengan mengupayakan Kapal Perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulut Drs S.J.M Lucas melalui Sekretaris Dra Linda Kotabunan kepada Manadoline mengatakan usulan program Kapal Perpustakaan sudah ada sejak awal Pemeritahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (ODSK).

“Dari Dinas Perpustakaan, kami sudah usulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbang) di Jakarta belum lama ini, sebanyak 12 kegiatan salah satunya kapal tersebut,”jelas Kotabunan saat berada di ruang kerjanya, Selasa (9/5/2017) sore tadi.

Menurutnya, untuk anggaran ditentukan pusat dan pengadaan dan perawatan nantinya Dinas Perpustakaan yang kelola. Misalnya bahan bakar dan pengoperasiannya.

“Mudah-mudahan usulan kapal ini diterima Pemerintah Pusat.
Kami lagi menanti, berusaha melobi program tersebut demi menunjang pemeritahan ODSK dan meningkatkan minat baca pelajar dan masyarakat Sulut,”ungkap mantan Kepala Bidang Migas Dinas ESDM Sulut tersebut.

Jika terealisasi dan diterima usulan itu, nantinya akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi. Selain itu akan menjangkau seluruh lapisan masyarakat hingga di perbatasan.

“Ini akan mampu menambah minat baca khususnya di pulau-pulau terpencil. Rute Kapal Perpustakaan sudah lama diusulkan bisa sampai ke Talaud, Miangas dan pulau berdekatan lainnya. Demi membangun karakter bangsa melalui gemar membaca mewujudkan Sulut Hebat,”kunci Kotabunan, sembari menambahkan program Cafe Baca juga masuk program 2017 dan segera terealisasi.

Rep/editor: srikandi

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020