IKLAN

Sulut Waspada Virus Difteri


MANADO– Awal Februari virus Difteri menyerang beberapa warga di Indonesia. Diketahui menurut sumber virus ini menyerang selaput lendir pada hidung, tenggorokan, terkadang mempengaruhi kulit.

Ilustrasi

Ilustrasi

Dari situs, www.alodokter.com beberapa sumber menanyakan tentang penyakit tersebut.

Dikatakan penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang dapat mengancam jiwa jika tidak segera ditangani.

Contohnya, awal Februari menurut fajarnews.com delapan warga Blok Puhun Desa Sampih Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon tertular penyakit mematikan, Difteri.

Hasilnya, tiga orang meninggal rata-rata usia 2-14 tahun. Hal itu dikarenakan, anak-anak memiliki kekebalan tubuh yang masih lemah.

Manadoline Senin (15/2), meminta konfirmasi ke Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Menurut Kepala Seksi Surveilans dan Litbangkes Mery Pasorong, SKM Mkes Sulut belum ada positif.

Pasorong hanya menambahkan kalau disangkakan sudah.

“Memang penyakit ini sangat menular, tetap kami lakukan sosialisasi karena ada masyarakat dari luar daerah terkena virus Difteri lalu masuk Sulut bisa jadi positif tertular,”jelasnya.

Pasorong mengingatkan warga Sulut waspada, pencegahannya gunakan masker pada pusat keramaian, selalu mencuci tangan, jaga pola makan sehat,”pungkasnya. (srikandipangemanan)

IKLAN
loading...