Sumendap Minta Guru di Mitra Kreatif, Cerdas dan Tegas Dalam Mendidik

Bupati JS lantik Dewan Pendidikan Mitra, dihadiri guru sd, smp dan kepsek se Mitra.

RATAHAN — Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH, meminta guru kreatif, cerdas dan tegas dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.

“Intinya, nasib bangsa ini ditentukan oleh guru. Makanya yang harus saudara kejar adalah kualitas bukan kwantitas,” pinta Sumendap saat membawakan sambutan di depan Dewan Pendidikan dan para guru pada acara pelantikan Dewan Pendidikan Kabupaten Mitra periode 2019-2023 di Sport Hall Kantor Bupati, Senin (15/05).

Lebih lanjut dikatakannya, guru juga dituntut untuk memainkan perannya semaksimal mungkin, dalam upaya pembentukan karakter anak bangsa. Sehingga orientasi utamanya dalam rangka mencerdaskan anak didik terwujud sebagaimana mestinya.

Menurut Bupati, bukan hanya IQ yang dikejar, tapi juga kecerdasan untuk melahirkan kreatifitas yang tinggi bagi anak didik.

“Guru jangan manja mendidik anak. Apalagi kalau orientasinya hanya memperhatikan seberapa besar uang tunjangan yang akan diperoleh. Filosofi dasarnya jelas, bahwa yang melekat pada saudara bukan hanya sebagai guru, tetapi juga sebagai ASN yang adalah abdi negara,” sebut Sumendap.

Sumendap menuturkan, dedikasi sangat penting dalam menjalankan tugas sebagai guru, untuk mendidik anak-anak agar menjadi generasi penerus yang hebat.

“Dedikasikanlah diri kalian dengan tanggung jawab penuh sebagai seorang guru yang berkualitas dan berkarakter tinggi untuk menciptakan generasi hebat khususnya di Mitra,” tuturnya.

Lanjut Sumendap menjelaskan, menjadi seorang guru juga adalah tugas mulia untuk menciptakan generasi yang memiliki prestasi.

“Prestasi seorang anak didik juga ditentukan oleh guru yang mendidik anak tersebut. Agar generasi yang dicetak oleh guru bisa memiliki prestasi yang gemilang. Seperti ada seorang anak di Tombatu, mampu memperoleh nilai tertinggi di Indonesia dalam rekrutmen CPNS baru-baru ini,” ujarnya.

Dalam mendidik guru juga harus menunjukkan sikap tegas bahkan keras dengan memperhatikan batas-batas kewajaran.

“Guru juga harus tegas bahkan keras dalam mendidik, tentunya dengan memperhatikan batas-batas kewajarannya. Mengingat negeri ini menjadi besar karena adanya didikan yang tegas dan penerapan disiplin yang tinggi dari seorang guru kepada anak didiknya,” semburnya. #82

Bupati berharap juga, Dewan pendidikan yang baru saja dilantik ini, untuk berperan maksimal dengan memberikan masukan sekaligus pertimbangan yang mendasar terhadap upaya meningkatkan pendidikan di Kabupaten Mitra.

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020