IKLAN

Support UKM Mebel di Manado, ‘Sampah’ Material Comforta Dijamin Siap Pakai


Hanny Lumesar,Regional Director Massindo Group dan Hans Zainal,Regional Operation Manager Massindo Group bersama Bambang, pemilik Toko Lintang

Hanny Lumesar,Regional Director Massindo Group dan Hans Zainal,Regional Operation Manager Massindo Group bersama Bambang, pemilik Toko Lintang

MANADO — Bisnis usaha Massindo Group terus melebarkan sayap. Salah satunya melalui anak usaha Comforta, pemilik merek spring bed nomor satu di Indonesia.

Salah satu keunggulan dari bisnis ini, sisa-sisa hasil usahanya dijamin siap pakai, terutama bagi pengrajin mebel.

Ini sudah terbukti di Kota Manado. Pengrajin mebel local di sekitaran pabrik Comforta di Manado  tak lagi capek-capek mencari bahan baku membuat mebel.

“Dalam proses produksi busa, semua hasilnya berbentuk padat. Tidak ada sisa limbah cair. Sisa-sisa potongan busa berbentuk padat bukanlah limbah berbahaya,’’ jelas Jeffri Massie, President Director Massindo Group di sela-sela malam penganugerahan Top Brand Award 2016 di Hotel Mulia, Senayan – Jakarta minggu lalu.

Massie mencontohkan seperti di Kota Manado. Sisa-sisa potongan busa yang dianggap beberapa pihak sebagai ‘limbah’ ini merupakan barang bernilai yang dibeli para pengrajin mebel lokal di sekitaran pabrik Comforta di Manado.

Ini berarti, dalam memproduksi produk-produk Comforta, Massindo Group hampir tidak menghasilkan limbah hasil sisa produksi karena semua materialnya bisa dimanfaatkan.

Salah satu contoh bentuk dukungan yang dilakukan oleh produsen Comforta adalah dalam hal pengolahan sisa hasil produksi busa.

Ini merupakan salah satu contoh bentuk dukungan yang dilakukan oleh produsen Comforta dalam hal pengolahan sisa hasil produksi busa.

“Produsen Comforta bahkan mendukung beberapa UKM kecil di sekitar pabrik kami.” Tambah bMassie.

Sekadar diketahui. Sejak lebih dari 30 tahun berdiri, pabrik Comforta terus bertumbuh pesat, baik dari sisi teknologi produksi yang digunakan maupun produk-produk yang dihasilkan.

Selaku pemilik merek spring bed nomer satu di Indonesia, Massindo Group selalu berusaha untuk mendukung usaha kecil menengah (UKM) mebel di sekitarnya.

Menurut  Hanny Lumesar, Regional Director Massindo Group menambahkan, sudah bertahun-tahun produsen Comforta bekerja sama dengan para pengerajin sofa dan kursi ukiran Jepara.

“Baik yang berada di dekat lokasi pabrik, maupun yang tersebar di kotamadya dan kabupaten. Salah satu pengerajin sofa dan kursi ukir yang bersinergi dengan kami adalah Toko Lintang,” jelas Lumesar.

Bambang, pemilik usaha Toko Lintang mengaku selama ini dia merasa terbantu dengan keberadaan Comforta.

“Pak Bambang merasa terbantu dengan sisa-sisa potongan produksi busa dari pabrik Comforta yang beliau beli. Dan, kemudian dapat digunakan dalam proses produksinya di bagian-bagian tertentu,” pungkasnya. (*/antoreppy)

IKLAN
loading...