Tahun Sebelumnya Taman Berkat, Ini Jawaban IKISST Pesta Adat Tulude 2019 Digelar Lapangan Tikala

Prof. DR Orbanus Naharia
Prof. DR Orbanus Naharia

MANADO – Jika tahun-tahun sebelumnya Pesta Adat Tulude dilaksanakan di Taman Berkat Godbless Park kawasan Boulevard Manado, tahun 2019 ini Pemkot Manado akan menggelar iven ada suku Sangihe ini di Lapangan Sparta Tikala.

Kegiatan ini akan dilaksanakan tepat dunia merayakan Hari Kasih Sayang, 14 Februari 2019. “Ini merupakan usulan bapak Wali Kota GS Vicky Lumentut, ditambah lapangan Sparta Tikala dekat dengan Kantor Wali Kota Manado yang nantinya akan dijadikan sebagai singgasana raja,” jelas Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST), Prof. DR Orbanus Naharia, M.Si.

Ini alasan Naharia laksanakan Pesta Adat Tulude 2019. “Sengaja dipilih agak jauh di Gereja GMIM Sentrum, agar prosesi bisa diketahui banyak orang, karena itu konsep filosofinya. Juga sudah ditetapkan akan digelar pada tanggal 14 Februari tapi akan tetap disiapkan tanggal cadangan,” kata Naharia.

Menurutnya, wali kota tidak mengintervensi jauh terkait pelaksaan Pesta Adat Tulude Tahun 2019 bahkan memberikan keleluasaan kepada panitia mengatur acara tersebut. “Jadi betul-betul budaya yang akan ditampilkan, sesuai kata wali kota hanya nuansa adat yang ditonjolkan, tidak ada nunsa-nuansa lain,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris IKISST Sulut Stenly Patimbano mengatakan, atas nama warga Nusa Utara yang ada di Sulut, mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkot Manado atas dukungan untuk suksesnya Pesta Adat Tulude Tahun 2019.

“Apalagi, acara ini kalau tidak salah sudah tiga tahun di APBD-kan, sehingga warga Nusa Utara mendapat tempat khusus di Kota Manado ini.”ungkap Patimbano. Dia pun mengusulkan agar Pesta Adat Tulude ditetapkan diadakan setiap tahun pada tanggal 14 Februari.

“Agar jika nanti akan dipromosikan, orang saat melihat kalender, ternyata pada tanggal 14 Februari selain ada hari kasih sayang tetapi juga sudah pasti ada acara Tulude di Kota Manado,”tandas Sekretaris IKISST Sulut Stenly Patimbano. ***

Penulis: antoreppy

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020