Tambah dan Rumokoy Bantah ada Pungutan di SMA N 1 Manado

Pansus saat berada di SMA N I Manado, Selasa (11/4/2017).

MANADO-Pansus LKPJ Gubernur 2016 yang dipimpin langsung oleh Amir Liputo mengunjungi SMA N 1 Manado, terkait adanya laporan soal pungutan yang dilakukan oleh Komite Sekolah.

Pansus saat berada di SMA N I Manado, Selasa (11/4/2017).

Rombongan Pansus yang terdiri dari Wakil Ketua Pansus, Amir Liputo, Wakil Ketua Dewan, Stefanus v Runtu, Adriana Dondokambey, Fanny Legoh, Noldi Lamalo, Denny Sumolang. Saat Pansus melakukan klarifikasi ke Plh Kepala Sekolah Drs. Alex Tambah Msi, ia membantah jika ada pengancaman dan pemaksaan untuk meminta uang kepada orang tua oleh Komite Sekolah.

Dihadapan Pansus, Tambah menjelaskan, jika sumbangan yang diberikan oleh orang tua kepada Komite Sekolah hanya sukarela tidak ada pemaksaan.

” Komite Sekolah meminta bantuan kepada orang tua secara sukarela untuk membantu pelaksanaan UNBK. Sebab saat pelaksanaan ujian ini dana BOS belum ada. Salah satunya adalah pembelian server,” tutur tambah.

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah SMA N I Manado, Drs. Donal Rumokoy, ia pun membantah jika ada pungutan secara paksa bagi orang tua murid. ” Jumlah yang diberikan orang tua tidak sama ada yang setiap siswanya sebesar 75 ribu sampai 400 ribu, dan ada siswa yang tidak diminta bantuan sama sekali. Ini dilakukan secara sukarela,” jelas Rumokoy.

Rumokoy menjelaskan, mengenai kewajiban lain dari sekolah, Komite Sekolah tidak ikut terlibat. Mantan Rektor Unsrat ini mengakui selama 1 tahun sumbangan yang diberikan orang tua bisa mencapai Rp3 miliar dengan jumlah siswa mencapai 2000 lebih.

” Dana yang ada di Komite Sekolah ini sebagian juga digunakan untuk membayar guru honorer di SMA N I Manado. Karena pembayaran gaji guru honorer tidak mengunakan APBD,” ungkap Rumokoy.

Mendengar penjelasan dari Kepala Sekolah dan Komite Sekolah, Amir Liputo berharap apa yang disampaikan Kepsek  Alex Tambah bisa dipertanggungjawabkan begitu juga dengan pihak komite. Sedangkan Ardiana Dondokambey menghimbau para orang tua untuk memberikan dengan tulus.” Karena jika memberi tidak tulus, diluar orang tua berkoar-koar,” kata Dondokambey.

Kunjungan Pansus LKPJ ke SMA N I Manado, Selasa (11/4/2017).(mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020