IKLAN

Target Akhir 2016 Selesai, E-Planning BAPPEDA Sulut Digodok


Sekretaris BAPPEDA Sulut

Sekretaris BAPPEDA Sulut Ir Randy PW Rompas/(foto:kandi/ML)

MANADO-Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Sulawesi Utara (Sulut) menyadari saat ini koordinasi penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan butuh ekstra cepat dengan bantuan Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (E-planning), lebih sempurna akhir 2016 mendatang.

Hal ini dikatakan Kepala BAPPEDA Sulut Ir Roy Roring, MSi melalui Sekertaris Ir Randy PW Rompas.

Ia mengakui aplikasi tersebut baru jalan 2016 ini. Sekarang, E-planning berbasis android sudah beroperasi tapi belum sempurna seratus persen. Alasan Rompas, proses bisnisnya belum menghubungkan masing-masing Kabupaten/Kota di Sulut.

Rencana, akhir 2016 sudah maksimal dengan menjangkau seluruhnya hingga langsung ke Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekretaris Provinsi,”tutur Rompas kepada Manadoline saat berada di ruang kerjanya, Jumat (8/10).

Lanjutnya, E-planning lebih ke aplikasi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara ( PPAS), KUA/PPAS Perubahan, RKPD Perubahan Kabupaten/Provinsi agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai arahan Permendagri No. 54 Tahun 2010.

Adanya E-planning, BAPPEDA dapat memaksimalkan sistem dan sistem juga mampu menyajikan analisa yang sangat informatif bagi para pemangku kepentingan baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Makanya E-planning ini, fitur-fiturnya lebih ke penginputan data RKPD, KUA-PPAS, dimasing-masing Kab/Kota. Ini mengurangi biaya perjalanan, lebih cepat, tidak perlu repot-repot adakan rapat dengan BAPPEDA Provinsi, karena kita yang langsung evaluasi saja melalui aplikasi tersebut,”kunci Rompas.

(srikandipangemanan)

IKLAN
loading...