IKLAN

Tekan Angka Kematian Ibu, Pemkab Mitra Gandeng Perusahaan Raksasa Belanda


Ir Farry Liwe MSc

Ir Farry Liwe MSc

RATAHAN — Untuk menekan angka kematian ibu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) lakukan kerjasama dengan perusahaan Koninklijke Philips Electronics NV (Royal Dutch Philips Electronics Ltd). Dengan alat medical system yang ada, nantinya perusahan tersebut akan membuat riset yang akan dimulai di Puskesmas Belang dan Ratahan.

Salah satu produsen elektronik terbesar di dunia atau yang biasa di sebut Philips, akan menurunkan beberapa personil langsung dari markas mereka di Eindhoven Belanda.

Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr Rinny Tamuntuan, melalui Sekretaris Dinkes Mitra Wilhelmina Pasuhuk mengungkapkan, penelitian perusahaan philips, akan dilakukan berdasarkan program dan selanjutnya akan menjadi rekomendasi dalam tindaklanjut kerja sama pada tahun 2017 mendatang.

“Mereka akan melakukan riset di dua puskesmas di Mitra. Dan tahun depan akan mencangkup semua puskesmas yang ada di Mitra,” ungkap Pasuhuk, usai pertemuan bersama pihak sekretaris daerah (sekda) dikantor bupati, Selasa (9/8).

Ia menyatakan, sistim aplikasi medis akan digunakan pada puskesmas-puskesmas ini, baik terkait informasi maupun teknik penanganannya.

“Artinya ada penanganan awal ketika nanti diperhadapkan dengan pasien, terlebih ketika akan dilakukan rujukan. Serta ada sejumlah hal teknis lainnya yang akan ditemui disana,” beber Pasuhuk.

Terpisah, Sekda Ir Farry Liwe MSc ketika dikonfirmasi menyatakan, kerjasama ini termasuk untuk mewujudkan Mitra Cerdas, dimana nantinya penanganan terhadap penyakit oleh pihak media dapat tertangani lebih dini dengan adanya kerjasama bersama pihak Philips dan salah satu provider selular.

“Uji cobanya kan dua puskesmas. Nah setelah dari dua puskesmas tersebut nantinya akan mencangkup seluruh puskesmas yang ada. Didalamnya ada pendataan secara online dan bisa langsung dilihat unsur pemerintah yang ada di kabupaten, provinsi dan pusat. Jadi tak ada yang namanya terlambat penanganan,” jelas Liwe. (fensen)

IKLAN
loading...