Telah Hadir Command Center Manado Smart City, Bukti GSVL-MOR Lebih Transparan Layani Warga

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut dan Ketua TP-PKK, Prof. Paula Runtuwene didampingi Wawali, Mor Bastiaan berada di ruang Comment Center Manado Cerdas

 

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut dan Ketua TP-PKK, Prof. Paula Runtuwene didampingi Wawali, Mor Bastiaan berada di ruang Comment Center Manado Cerdas
Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut dan Ketua TP-PKK, Prof. Paula Runtuwene didampingi Wawali, Mor Bastiaan menyaksikan aktifitas Kota Manado melalui ruang Comment Center Manado Cerdas

MANADO – Tekad Wali Kota, GS Vicky Lumentut  dan Wawali Manado, Mor Bastiaan (GSVL-MOR) memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat secara transparan mulai terwujud.

Saat ini telah hadir Command Center menuju Manado Smart City dengan fasilitas serba IT. Ruangan yang tempat memonitor seluruh aktivitas Kota Manado, termasuk kinerja para ASN Pemkot Manado yang berada di lantai II Kantor Wali Kota (Eks Ruang Tolu) itu kini dalam tahap perampungan fasilitas, termasuk SDM-nya.

Kamis (12/1/2017) usai Ibadah perdana 2017, Wali Kota, GSVL dan Wawali Mor bersama Sekda, Rum Usulu dan Ketua TP-PKK, Prof Paula Runtuwene menyempatkan diri mengunjungi ruang Command Center didampingi Kadis Kominfo, Erwin Kontu dan Kabid Pengembangan Sistem Informatika, Heintje Lombone.

“Saya dan pak Mor sudah putuskan Manado menjadi Smart City. Semua kegiatan di kota ini akan terpantau lewat ruangan Manado Command Center Cerdas. Sehingga, semua pejabat jangan jadi gaptek (gagap teknologi). Semua harus familiar dengan teknologi, dengan IT, dunia maya dan dunia tanpa batas ini,” tandas GSVL.

Wawali Mor Bastiaan menjelaskan aktifitas beberapa titik wilayah melalui layar monitor Comment Center
Wawali Mor Bastiaan menjelaskan aktifitas beberapa titik wilayah di Kota Manado yang terpantau melalui layar monitor Comment Center

Command Center menjadi ruang kontrol dan pengawasan seluruh aktifitas di Kota Manado termasuk kinerja dan gerak-gerik ASN seputar pelayanan ke tengah masyarakat.

“Ini bertujuan menjawab berbagai keluhan masyarakat terkait layanan publik serta infrastruktur termasuk kebersihan kota. Dari tempat ini, semua bisa terpantau dengan baik,” ujar GSVL

Adanya fasilitas canggih tersebut, pelayanan kepada masyarakat akan semakin maksimal. Sehingga, lambat laun Kota Manado menjadi kota modern dengan menggunakan teknologi IT.

Selain itu, aktifitas pejabat Perangkat Daerah sampai Camat dan Lurah termasuk ASN atau pegawai lainnya dapat pula termonitor dengan baik. Untuk itu GSVL-MOR berharap, ASN yang dipercayakan memegang jabatan harus paham teknologi. Kehadiran pegawai pun bisa termonitor dari sistem di Command Center tersebut.

“Saya berharap pelayanan kepada masyarakat akan lebih maksimal. Tidak hanya aktifitas kota yang terpantau disini, aktifitas ASN dan pejabat di pemerintah Kota Manado dapat pula dimonitor. Tidak ada lagi yang bisa ‘berpolitik’ alias akal-akalan, ada di Mall atau rumah makan tapi mengaku di ruang kerja kantor lagi bekerja. Ini tidak ada alasan lagi nantinya, yang mental begitu harus dihilangkan,” saran GSVL.

Meski belum resmi dioperasikan, dan rencananya pekan depan diresmikan, Namun Walikota mendapat penjelasan dari Wawali terkait keberadaan ruangan Manado Command Center Cerdas dalam rangka mewujudkan Manado Smart City.

“Semua dapat kita lihat disini, kalau berwarna merah berarti ada masalah kota yang harus diselesaikan, jika sudah ada penanganan secara otomatis lokasi itu akan berubah warna menjadi kuning. Dan apabila sudah diselesaikan akan berwarna hijau,” pungkas Wawali Mor, seraya melakukan uji pantauan lalu lintas beberapa titik di Kota Manado.(antoreppy)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020