Terbaik Kedua Se- Indonesia, Bawaslu Kota Manado Terima Penghargaan

Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda didampingi komisioner lainnya, Taufik Bilfaqih dan Heard Runtuwene, saat menerima Bawaslu Award di Jakarta. (foto:ist)

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Manado,  satu dari sekian lembaga pengawas se- Indonesia yang mendapatkan penghargaan Pelaksanaan Fungsi Humas dan Hubungan Anatar Lembaga terbaik keduadalam ajang Bawaslu Award 2019 di Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Pemberian penghargaan tersebut dikarenakan Bawaslu Manado dinilai intens dalam memberikan informasi melalui media cetak, online termasuk dalam sejumlah kegiatan di lapangan.

Komisioner Bawaslu Kota Manado, Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Data dan Informasi Heard Runtuwene mengungkapkan event Bawaslu Award sangat tepat diselenggarakan.

“Arah manajemen organisasi akan bermuara pada dua sisi, reward (penghargaan) atau punishment (sanksi). Karena indicator event ini adalah bagaimmana Bawaslu Kabupaten, Kota dan Provinsi mendeskripsikan hasil kerja melalui data. Jika manajemen pengelolaan datanya maksimal, maka diberi pengharagaan,” ungkapnya, melalui Whatsapp.

Taufik Bilfaqih Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga menyebutkan penghargaan yang diraih Bawaslu Manado adalah capaian dari kerja keras.

“Bawaslu Manado tak hanya mengawasi secara konvensional, namun melakukan pengawasan sosialisasi digital. Kami benar-benar serius dalam mengembangkannya, sebab kita tidak bisa pungkiri sebagian besar masyarakat memiliki smartphone dan melalui website, beberapa social media kami dapat berinteraksi dengan masyarakat, baik dalam hal sosialisasi, edukasi, himbauan dan tentunya pengawasan,” tuturnya.

Dalam pengawasan, Bawaslu Manado juga melihat berbagai hal yang berkaitan dengan isu destruktif seperti hoax, ujaran kebencian serta isu lainnya terhadap penyelenggara pemilu yang dibangun melalui media sosial.

“Kita juga melihat ada banyak pembangunan isu destruktif seperti hoax, ujarang kebencian dan isu lainya terhadap penyelenggara pemilu melalui media sosial. Ini tentunya menjadi tanggung jawab kita mencounter narasi agar situasi lebih kondusif, ditambah peran beberapa media local yang kooperatif dalam menyajikan artikel terkait kinerja Bawaslu Manado,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Manado Marwan Kawinda berharap, pencapaian yang diraih melalui penghargaan Bawaslu Award dapat menjadi motivasi bagi jajaran Bawaslu kedepan. “Kami sangat bangga menjadi ke dua terbaik se Indonesia dalam mengelola fungsi kehumasan. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa, Bawaslu RI telah meletakkan standar yang tinggi bagi Bawaslu Manado untuk ke depan berupaya meningkatkan kualitas lebih baik lagi,” kuncinya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020