Terima Kunjungan Studi Angkatan LVIII Lemhannas RI, Walikota GSVL Paparkan Kota Cerdas

MANADO — Walikota Manado GS Vicky Lumentut didampingi Wakil Walikota Mor Bastiaan dan Ketua DPRD Kota Manado Nortje Van Bone, menerima kunjungan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia untuk Studi Strategi Dalam Negeri Penyelenggaraan Program Pendidikan Regular Angkatan LVIII, Senin (27/8) bertempat di gedung Serbaguna Kantor Walikota Manado.

Kedatangan ke-25 rombongan Lemhannas ini dipimpin Gubernur Lemhanas Letjen TNI Purn Agus Wijoyo dan koordinator Mayjen TNI Nunun Nugraha.

Dalam kesempatan itu, Walikota Vicky Lumentut mengatakan turut bangga dengan dipilihnya Kota Manado sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan. Selain itu, Walikota Vicky Lumentut juga memaparkan Manado Kota Cerdas dengan beragam kekayaan sumber daya yang dimiliki serta Manado kota pariwisata yang sampai kini terus mengalami lonjakan tingkat kedatangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

“Atas nama seluruh masyarakat kota Manado, kami sangat bangga dan berterima kasih karena mendapat kehormatan dengan kedatangan para calon pimpinan nasional di masa mendatang. Apalagi Manado terpilih dari sekian banyak kota sebagai lokasi pembelajaran,” ujar Walikota Vicky Lumentut saat membuka sambutan.

Lanjut disampaikan, selain menggambarkan Manado rumah kita bersama, Walikota Vicky Lumentut juga memaparkan sejumlah prestasi yang diraih Pemkot Manado. Gambaran umum kota serta visi dan misi kota Manado sebagai Kota Cerdas. Lain juga, disampaikan 8 program Cerdas termasuk strategi pemantapan kerukunan di kota Manado seperti bentuk kemitraan Pemerintah dan masyarakat dalam forum seperti FKUB dan BKSAUA.

“Pemerintah Kota Manado sangat peduli dan memperhatikan tentang kegiatan keagamaan dengan memberikan insentif kepada setiap rohaniawan Rp1.250.000, kepada 2000 orang tokoh Agama setiap bulannya. Ditambah lagi, turut berperan para rohaniawan, TNI, dan Polri bekerjasama dengan Pemerintah Kota mewujudkan kota yang aman dan nyaman serta memiliki rasa toleransi yang tinggi,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

Dijelaskan lagi, dalam membangun kota cerdas, Pembangunan Cerdas Command Center (C3) yang ada di Pemkot Manado turut mendapat apresiasi. Dimana, C3 memiliki aplikasi terbaik yang dicontohi dari daerah lain seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Dari beberapa lokasi yang berbeda ini, kemudian digabungkan jadi satu.

Dalam diskusi tersebut, Wakil Ketua kelompok Kolonel Suawa menanyakan bagaimana pemkot manado menyelaraskan  program-program kota Manado dikaitkan dengan visi dan misi Pemerintah Propinsi Sulut. Beberapa pertanyaan langsung ditanyakan, kemudian dijawab Walikota Vicky Lumentut termasuk gambaran capaian indikator Pendidikan di kota Manado, angka partisipasi murni dan angka partisipasi kasar, serta pelayanan kesehatan gratis.

Sementara, Ketua rombongan Mayjen TNI Nunun Nugraha, saat membacakan sambutan Gubernur Lemhannas Letjen TNI Purn. Agus Wijoyo, mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Wakil Mor Bastiaan, yang telah bersedia menerima kunjungan rombongan peserta kegiatan.

“Tujuan dari kunjungan ini untuk membantu presiden dalam mendidik kader-kader nasional yang berwawasan nusantara, serta memiliki wawasan luas. Para peserta kegiatan diharapkan dapat memperoleh karakter pengelolaan wilayah yang strategis dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah yang ada,” terang Nugraha.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir para kepala Perangkat Daerah (PD) Pemkot Manado beserta jajaran lainnya. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020