THL Dinkes Manado Tuntut Hak, Kadis Ivan Bantah Tidak Bayar

Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado, Ivan Sumensa Marthen. (foto:ist)

MANADO – Kabar belum dibayarkannya hak dari sejumlah Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado menyeruak bahkan sampai ke telinga anggota DPRD.

Kepala Dinkes Manado, dr. Ivan Sumenda Marthen langsung membantah rumor yang menyebut bahwa pihaknya belum membayarkan honor para THL selama 3 bulan.

“Itu provokasi. Tidak benar tidak dibayarkan 3 bulan,” kata Kadis Ivan saat dihubungi wartawan via telepon, Rabu (28/8/2019).

Menurutnya, ini hanya keterlambatan pembayaran bulan Juli karena anggaran di Dinas Kesehatan Manado sudah habis pada bulan Juni, sehingga hak mereka dianggarkan dalam APBD Perubahan.

Keterlambatan pembayaran honor THL untuk bulan Juli karena anggaran dalam APBD Perubahan prosesnya sementara berproses dan sedikit terlambat.

“Proses di APBD Perubahan yang membuat terlambat pembayaran. Satu atau dua hari ini akan terbayarkan dan sudah masuk ke rekening,” jelasnya.

Kadis Ivan menegaskan ada 240-an THL di lingkungan Dinas Kesehatan Manado yang tersebar di 16 puskesmas yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, supir ambulance, tenaga administrasi.

Honor para THL Dinas Kesehatan Manado menurut Ivan Sumenda Marthen dibayarkan sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK) yaitu 3.112.400

“Kita sudah tanda tangan SPM dari hari senin. Kita juga sudah panggil THL untuk dilakukan pembinaan melalui group WhatsApp karena ini hanya mis komunikasi saja,” jelasnya.

Dia menambahkan kontrak THL diperpanjang setiap dua bulan sesuai denhan penilaian kinerja dan jika kinerja tidak bagus tidak lagi diperpanjang termasuk pertimbangan anggaran. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020