IKLAN

Tiba Manado, KPU RI Back Up Pilkada Besok, Wowor: Mari Salurkan Hak Politik Kita


Yusuf Wowor

Yusuf Wowor

MANADO – KPU Manado kembali meyakinkan seluruh masyarakat kalau Pilkada susulan Kota Manado tidak bergeser dari tanggal 17 Februari besok.

Ini ditegaskan Ketua KPU Manado usai Rapat Koordinasi (Rakor) bersama KPU Sulut, Senin (15/2) sore.

“Sudah dikomunikasikan dengan KPU RI dan KPU Sulut. Sampai dengan saat ini dari KPU Kota Manado ke KPU Sulut, Pilwako tetap tanggal 17 Februari 2016. Jadi tidak ada perubahan.” Jusuf Wowor saat ditemui manadoline.

Dia menambahkan isu yang berkembang di masyarakat tentang perubahan tanggal itu sangat wajar. Namun sesungguhnya, informasi resmi itu dari KPU. “KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu tentunya punya wewenang untuk menetapkan waktu dan tanggalnya. Jadi tetap tanggal 17,” tegas dosen Fisip Unsrat ini.

Untuk dana Pilwako, Wowor mengakui masih terbatas tapi pihaknya juga sudah ada pertemuan dengan Pemkot Manado untuk membuat surat agar bisa mencairkan dana tambahan Pilwako Manado.

“Tapin itu tidak menjadi kendala tapi karena semangat kita mensukseskan Pilkada tanggal 17 dan tidak bisa diubah atau ditunda tunda lagi jadi dengan kondisi anggaran 2.3 kita ini,” katanya.

Anggaran yang minim itu menurut Wowor akan dimaksimalkan sampai hari H. “Tadi juga kita ada pertemuan dengan pemerintah kota yaitu Walikota Manado, Sekkot, pejabat lingkungan pemkot dan lain lain. Dari mereka belum bisa memberikan anggaran buat kita dan terakhir dari kami, memohon untuk dapat membuat surat,” Jelas Ketua KPU tersebut.

Dalam surat tersebut nanti, Pemkot akan memberikan kejelasan tanggal berapa akan mencairkan anggaran tambahan yang disepakati sebesar Rp5,3 M untuk tambahan anggaran Pilkada susulan.

“Lewat surat tersebut jelas nanti setelah hari pemilihan tanggal 23 atau 24 pemerintah kota akan mencairkan dana 5.3 M sekian.” tambahnya.

Sementara informasi dari sumber resmi KPU, untuk memperkuat pelaksanaan Pilkada Manado ini, KPU RI dikabarkan akan datang ke Manado memantau langsung pelaksanaan Pilkada.

Pilkada Manado ini akan menjadi perhatian KPU RI sukses tidaknya KPU Sulut dalam menggelar Pilkada. “KPU Pusat akan tiba di Manado saat pelaksanaan Pilkada 17 Februari nanti. Mereka akan memantau langsung jalannya pesta demokrasi ini. Setidaknya mereka memback up,” kata sumber.

Ketua KPU Manado Jusuf Wowor pun mengajak kepada masyarakat Kota Manado agar dapat menyalurkan hak pemilihnya.

“Selaku penyelenggara Pilwako Manado, kami sangat berharap partisipasi dari masyarakat Kota Manado pada Rabu 17 Februari 2016. Kami berharap masyarakat yang sudah terdaftar di DPT atau yang sudah berhak memilih, mari bersama-sama datang ke TPS untuk menyalurkan hak politik.” imbau Wowor. (ekaputra)

IKLAN
loading...