IKLAN

Tinggal Empat Bulan, PAD Pemkab Botim Baru 42 Persen


Ilustrasi PAD

Ilustrasi PAD

BOLTIM – Empat bulan menjelang akhir tahun 2015, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Boltim baru mencapai 42,19 persen atau Rp 5,5 miliar.

“PAD terdiri atas pajak daerah sebesar Rp 4,9 miliar masih 19 persen, Retribusi daerah Rp 1,8 miliar sudah 42 persen dan lain-lain PAD yang sah Rp 6,3 miliar sudah 59,90 persen.

Target PAD tahun ini Rp 13.150.000,” ujar Kabid Pendapatan, Dinas PendapatanPengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD Syukur Monoarfa, Rabu (5/8).

Kata Monoarfa lagi pajak daerah dipungut DPPKAD sedangkan retribusi dipungut enam satuan kerja seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Pekerjaan Umum, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) dan Kantor Koperasi UMKM dan Pasar.

“Retribusi per 31 Juli setoran Dinas Perhubungan tertinggi sudah 93,67 persen, kantor UMKM 50,90 persen, KPPT 47,35 persen, Dinas Kesehatan 44,25 persen, Dinas PU 16,28 persen, DKP baru satu persen,” terangnya kemarin.

Selain itu Monoarfa menambahkan untuk pajak daerah dipungut dari pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak bumi bangun (PBB) dan pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHATB).

“Penyerahan daftar PBB akan diserahkan akhir bulan ini, kita optimis bisa terserap dalam dua bulan oleh pemerintah desa. Sebab kita akan berikan TPAPD, jika PBB sudah lunas,” ujarnya.
Sementara itu keterlambatan pemungutan PBB-P2 karena pihaknya melakukan verifikasi lagi obyek pajak. Sebab tahun 2014 lalu masih menggunakan data beberapa tahun silam. (yoan)

IKLAN
loading...