Tingkatkan Pendapatan Daerah, Saafa Dorong Pemerintah Beralih Ke Sistem Digital

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Manado, Syarifudin Saafa. (foto:hcl)

MANADO – Sekretaris Komisi II DPRD Kota Manado, Syarifudin Saafa mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam hal ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) perlu melakukan terobosan terkait dengan sistem pengelolaan pendapatan daerah.

“Salah satu kebutuhan kita (Manado) dalam pengelolaan pendapatan daerah adalah bagaiman melakukan perubahan sistem penagihan atau pengelolaan pendapatan dari sekarang. Sekarang ini sangat konvensional, sementara kita sudah masuk kepada kondisi 4.0,” ungkapnya.

Saafa menuturkan, harusnya hal tersebut sudah digital dilakukan secara online, seperti yang sudah dilakukan di daerah lain sehingga tidak perlu lagi secara konvensional.

Disatu sisi menurutnya, pemberlakuan sistem digital akan meningkatkan dan memaksimalkan potensi pendapatan, tetapi juga meminimalisir berbagai macam bentuk penyimpangan yang sangat mungkin dilakukan secara manusiawi atau human error.

“Saya melihat pemerintah perlu merubah pola pengelolaan pendapatan daerah. Dari sistem konvensional ke sistem digital atau berbasis online,” ujarnya.

Lanjutnya, DPRD akan mensupport dan mendukung upaya dalam rangka mempermudah urusan tersebut, selain keinginan dari pemerintah kota untuk menata melalui APBD.

“Saya 5 tahun terakhir selalu menyuarakan itu. Ayo rubah polanya, tapi sampai hari ini belum, saya tidak tau apa masalahnya. Mudah-mudahan dalam rapat selanjutnya kita akang korek lebih jauh,” tandasnya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020