IKLAN

Tingkatkan Profesionalisme, APBMI Bakal Gelar Diklat di Sutan Raja


Drs. Lukman Lamato, MSc

Drs. Lukman Lamato, MSc

BITUNG-Menghadapi arus kompetisi global dan menyambut Internasional Habourt Port (IHP) serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Asosiasi Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (APBMI) bekerjasama dengan Koperasi TKBM, Pelindo IV dan KSOP, pada bulan Maret 2016 akan menggelar Diklat bertempat di Sutan Raja hotel.

“Dalam upaya meningkatkan profesionalisme kerja di Pelabuhan,  akan dilaksanakan Diklat untuk sertifikasi bagi 102 tenaga kerja bongkar muat barang yang terseleksi, rencananya kegiatan tersebut digelar paling lambat Minggu kedua bulan Maret selama 3 hari di Sutan Raja Hotel,” jelas Dewan Pembina APBMI Sulut Drs. Lukman Lamato, MSc, didampingi Wakil Ketua Errow Sondakh dan Sekretaris Datu Manoppo, SE, Rabu (17/2).

Ia menjelaskan, Diklat tersebut dikhususkan bagi tenaga operator crane dan cargo handling, untuk sertifikasi dan juga meningkatkan produktivitas kerja. Selain itu, menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) berdasarkan Undang-undang yang berlaku.

“Kegiatan ini adalah bagian dari kepedulian pihak yang terkait dengan tenaga kerja yang ada di Pelabuhan, dalam upaya meningkatkan profesionalisme kerja memasuki era persaingan global, karena sertifikasi adalah sayarat mutlak bagi tenaga kerja,” katanya.

Lamato menambahkan, sekalipun tenaga kerja khususnya operator crane dan cargo handling sudah sangat mahir sejak lama, tetapi tanpa sertifikat tidak akan diberguna.

“Contohnya, seorang sopir yang mahir membawa kendaraan kalau tidak ada SIM maka tetap akan ditilang, demikian juga tenaga kerja di pelabuhan khususnya oprator crane dan cargo handling harus dilengkapi dengan sertifikat, sehingga tidak akan tereliminasi dalam persaingan global,” pungkasnya. (jones)

IKLAN
loading...