IKLAN

Tingkatkan SDM, Pemkab Boltim Sekolahkan 10 ASN ke Makassar


Logo STIA LANBOLTIM – Program peningkatan sumber daya manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) terus dilakukan Pemkab Boltim. Saat ini tugas belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara (STIA LAN) Makassar.

“2014 lalu seharusnya mengutus sepuluh ASN tapi yang layak hanya enam orang. Tahun ini kita akan kembali mengutus 10 orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Darwis Lasabuda, Jumat (10/7). “Tugas belajar ini untuk peningkatan kualitas pengetahuan ASN,” tambahnya, kemarin

Masih menurut Lasabuda, tugas belajar ini dibiayai pemerintah daerah selama empat tahun studi. “Ini program pemda melalui gagasan dan terobosan Bupati Sehan Landjar untuk mencerdaskan aparatur Pemkab Boltim,” tegasnya lagi.

Sementara itu agar bisa bersaing ke depan, tak hanya S1, pemda juga menyekolahkan ASN untuk meraih S2 dan S3. Jadi bagi PNS putra daerah yang ingin jenjang kariernya naik, pemerintah siap memfasilitasi jika ingin tambah sekolahnya. Setiap tahunnya, pemda akan memberikan dana Rp 60 juta per orang untuk biaya pondokan, buku, biaya sekolah dan lauk pauk.

“Selama sekolah mereka akan dibebastugaskan dari jabatannya, hanya menerima gaji pokok. Mereka diberi kesempatan empat tahun, ditambah satu semester. Jika tak selesai maka mereka wajib mengembalikan dana yang telah digunakan ke kas daerah. Mereka sudah menandatangani pernyataan,” bebernya.

ASN yang disyaratkan adalah lulusan SMA dan Diploma Tiga (D3) serta warga Boltim. Alasannya, pemda tak mau ambil resiko menyekolahkan aparat dari luar daerah yang bisa pindah usai disekolahkan.
Bupati Sehan Salim Landjar SH mengatakan bahwa tujuan pemerintah mengeluarkan program sekolah gratis ini adalah untuk kemajuan Boltim di kemudian hari. (yoan)

IKLAN
loading...