Tinjau SKD CPNS, Wagub Kandouw: Persaingan Ketat Menghasilkan SDM Berkualitas

MANADO– Tinjau langsung pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut)Tahun 2019 dengan menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT), Wakil Gubernur Steven Kandouw mengatakan persaingan ketat dalam proses seleksi dapat menghasilkan SDM yang berkualitas.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat tinjau langsung pelaksanaan tes SKD CPNS Pemprov di BKN di Kantor Regional XI BKN Manado, Rabu (5/2/2020) (foto:Ist)

Pelaksanaan tes SKD CPNS itu yang dilaksanakan di BKN di Kantor Regional XI BKN Manado, Rabu (5/2/2020), Wagub Kandouw didampingi Asisten III Sulut Gammy Kawatu, Ketua Komisi I DPRD Sulut, Vonny Paat dan Plh. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Andra Mawuntu.

Kandouw pun memberikan arahan dan semangat kepada para peserta, serta memberi apresiasi dan kebanggaannya karena hingga 5 hari pelaksanaan, peserta yang lulus passing grade mencapai 44,5 persen.

Sejauh ini, sesuai laporan BKN yang lulus passing grade tes CPNS tahun ini di atas 40 persen, jauh melampaui hasil tahun sebelumnya yang tidak sampai 5 persen. Ini artinya kualitas pendidikan kita di Sulut sudah semakin baik. Kita tidak kalah dari daerah-daerah lain.” jelas Wagub Steven Kandouw.

Lanjutnya, lersaingan ketat dalam proses seleksi (tes CPNS) dapat menghasilkan SDM yang berkualitas. Tahapan seleksi ini akan menghasilkan SDM yang terbaik di antara yang baik. Karena itu jika nanti dinyatakan lulus seleksi, jadilah contoh dan teladan yang baik.

Kandouw juga mengucapkan terima kasih kepada BKN yang telah memfasilitasi seleksi CPNS kali ini, sekaligus menegaskan bahwa dalam seleksi mengedepankan prosefesionalisme dan integritas.

Peninjauan tersebut berlangsung dengan suasana yang hangat dan santai karena dalam arahannya Wagub Steven Kandouw menyampaikan beberapa candaan guna mengurangi ketegangan para peserta, seraya memberikan semangat dan motivasi.

“Percayalah pada diri sendiri, karena hasilnya bergantung pada kemampuan kalian, tentunya seizin dari Tuhan. “Jangan tegang, santai saja. Asal kalian berusaha dengan baik, tentunya hasilnya akan baik. Saya harap kalian semua lulus. Saya orangnya (pembawa) hoki loh. Karena saya ada (hadir), kalian pasti lulus.” candanya.

Sementara itu, Kepala BKN Regional XI, Wakiran dalam kesempatannya mengatakan tes SKD sudah masuk pada sesi yang ke-26, dari total 58 sesi yang akan selesai pada tanggal 11 Februari 2020. Tes CPNS Sulut kali ini diikuti oleh 5.781 peserta yang akan bersaing memperebutkan 519 formasi yang telah disiapkan.

“Sampai saat ini peserta tes CPNS yang sudah menyelesaikan SKD berjumlah 2.273 orang, dengan 1.013 diantaranta sudah memenuhi passing grade atau sekitar 44,57 persen.” ujar Wakiran.

Dijelaskan juga, SKD kali ini tidak hanya diikuti oleh pelamar umum, namun juga diikuti oleh formasi khusus atau disabilitas dengan jumlah 11 peserta, dengan 5 peserta telah mengikuti SKD.

(srikandi/*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020