IKLAN

TNI AL Gelar Hari Armada di Megamass


Upacara hari armada TNI AL di kawasan megamass

Upacara hari armada TNI AL di kawasan megamass

MANADO – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengadakan Upacara memperingati Hari Armada AL RI yang diadakan di Kawasan Mega Mas pada hari Senin (7/12).

Hari Armada AL hakikatnya adalah Hari Angkatan Laut RI, yang dipertegas dalam Skep Kasad No. A 4/2/10 tanggal 14 september 1959 yang ditetapkan berdirinya Armada AL RI yang menggabungkan seluruh jajaran kekuatan tempur laut kedalam Armada ALRI (Angkatan Laut Republik Indonesia), maka dilaksanakan upacara peresmian ALRI pada 15 September 1959.

Merujuk pada fakta sejarah tersebut dan dipertegas dalam peraturan Kasal No. Perkasal/77/X/2009 tanggal 26 Oktober 2009, maka setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Armada ALRI, sedangkan hari lahirnya TNI AL diperingati tanggal 10 september.

Armada RI merupakan tulang punggung dalam melaksanakan operasi untuk menjamin tegaknya kedaulatan dan hukum diwilayah laut NKRI. Komando Armada RI kawasan dituntut untuk dapat mendukung visi pemerintah dalam membangun Indonesia sebagai poros maritim dunia yanh merujuk pada lima pilar kebijakan pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada sidang KTT Asia Timur Tahun 2014.

Upacara yang dihadiri oleh Danlantamal Manado Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, SE, MSc selaku Inspektur Upacara, Gubernur Sulut Soni Sumarsono, Kapolda Sulut Brigjen Pol. Wilmar Marpaung dan beberapa Pejabat di Kota Manado.

Pada peringatan tersebut juga menampilkan atraksi-atraksi menawan dari TNI AL. Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir yang diwawancarai mengatakan bahwa peringatan Hari Armada ini biasa dipusatkan di surabaya tapi kali ini pihaknya mengambil tempat di Kawasan Maga Mas.

“Biasanya peringatan Hari Armada dipusatkan di Surabaya atau Jakarta tapj kali ini kami mengadakannya di Manado di kawasan Mega mas agar bisa menyatu dengan rakyat karena seperti kata Panglima TNi “bersama rakyat TNI kuat”.

Kedepannya Armada AL RI akan terus berbenah meningkatkan kemampuanya baik jumlah maupun kualitas juga teknologi sebagai salah satu elemen dari kemampuan dan kekuatan Angkatan Laut yaitu teknologi”. Untuk efesiensi beliau juga mengatakan sesusai dengan amanat dari Kasal AL bahwa untuk kapal-kapal atau KRI yang sudah tidak efesien itu akan secara bertahap dihapuskan.

“Dengan adanya amanat dari Pak Kasal maka untuk Kapal-kapal yang sudah tidak efesien secara bertahap akan diganti dengan Kapal-kapal yang baru”.(ekaputra)

IKLAN
loading...