IKLAN

UBK Mulai Diterapkan di Sekolah, Komisi D Akan Cek Kesiapan Diknas Manado 


Sonny Lela

Sonny Lela

MANADO — Mulai tahun ini sekolah-sekolah di seluruh Indonesia ketambahan program kurikulum yang dinamakan kurikulum 13 meliputi Ujian Berbasis Komputer (UBK).

Penegasan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permediknas) disambut baik Komisi D DPRD Manado. “Jadi program kurikulum 13 diharuskan diterapkan tahun 2015-2016 ini,” kata sekretaris Komisi membidangi pendidikan dan kesra, Soni Lela.

Dia berharap pemerintah mengawal dan mengawasi persiapan kegiatan UBK tersebut. “Karena ini kurikulum baru. Barang baru jangan sampai prosentasi kelulusan siswa di Kota Manado tidak maksimal,” tegas Lela.

Ketua Fraksi Partai Golkar ini kuatir, dengan program kurikulum baru ini jangan sampai masih ada sekolah-sekolah yang mengalami kekurangan peralatan computer.

“Pemerintah harus melibatkan semua instansi untuk membantu atau meminjamkan peralatan komputer kepada sekolah sekolah yang memiliki atau masih kurang peralatan computer. Sebab pelaksanaan ujian nasional diwajibkan semua siswa mulai SLTP sampai  SMU, SMK di kab/kota harus mengacu program K13 tersebut,” tegasnya.

Yang menjadi persoalan, kata Lela, apakah semua sekolah di Kota Manado sudah siap melaksanakan UBK atau tidak. Jangan sampai karena penegasan Permendiknas ditelan mentah atau dipaksakan.

“Padahal sekolah tersebut mungkin peralatan komputer masih minim atau belum memiliki. Nah, ini bisa merugikan siswa,” katanya.

Untuk itu Lela mengimbau semua Kepsek, jika belum siap melaksanakan UBK, segera mungkin membuat surat keterangan atau berita acara lalu   sampaiakn kepada Dinas Pendidikan Kota Manado.

“Lampirkan dengan alasannya. Ini supaya dapat diantisipasi pemerintah untuk dicarikan solusi. Sebagai Sekretaris Komisi D mitra dgn Diknas ,kami akan stressing persoalan ini mengingat jangan sampaikan siswa dikorbankan,” tandas Lela yang dalam waktu akan melaksanakan dengar pendapat dengan Diknas serta Sekolah SLTA/SMU/SMK se Kota Manado. (antoreppy)

 

 

IKLAN
loading...