Unggul 39,5 %, Manajer Riset IB: JPAR-AI Sulit Dikejar dengan Selisih 12 %

MANADO – Baru lembaga survey Indo Barometer (IB) terang-terangan merilis hasil survey mereka khusus Pilkada Manado, Rabu (2/12/2020), tepat seminggu jelang pelaksanaan hajatan demokrasi tersebut pada 9 Desember nanti.

IB salah salah satu lembaga survey terpercaya di Indonesia. Terdaftar di KPU RI. Di Pilkada Manado, IB juga resmi terdaftar di KPU Manado. Itu dibuktikan dengan mengantongi sertifikat ditandatangani Ketua KPU Manado, Jusuf Wowor untuk merilis hasil survey mereka terhadap Paslon Pilkada Manado.

Rabu sekitar pukul 4 sore tadi, IB mempublish hasil survey mereka yang dilakukan selang 22-28 November 2020. Survey tersebut dirilis via zoom langsung dari Jakarta oleh Direktur Eksekutif IB, Muhammad Qodari melalui Manajer Riset, Hadi Suprapto Rusli.

Dia mengulas, saat ini elektabilitas paslon Wali Kota dan Wawali, Julyeta Paula Amelia Runtuwene – Harley Mangindaan unggul dengan perolehan 39,5 % dari paslon lain.

Paslon dikenal jargon PAHAM (Paula-Harley Mangindaan) itu selisih 12,2 % persen dengan elektabilitas paslon peringkat kedua dengan perolehan 27,3 %.

Sementara elektabilitas paslon peringkat ketiga 20,3 % dan 8,0 % untuk peringkat terakhir. “2,5 persen yang masih merahasiakan. Belum memutuskan pilihan 2,3 persen. 0,3 persen tidak tahu,” jelas Hadi.

Beberapa indicator yang mengungguli paslon JPAR-AI di masyarakat, yakni merakyat, cerdas, paslon yang punya visi misi jelas, mampu memimpin, mampu membawa Kota Manado lebih baik serta berjiwa sosial.

“Tidak sedikit selisih 12,2 persen dengan paslon lain. Jadi agak sulit dikejar apalagi swing voters-nya kecil,” pungkas Hadi. (oke)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020