Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-90 Pemkot Manado, Sekda Lakat Perdana Jadi Irup

Sekda Micler Lakat saat menjadi Irup upacara memperingati hari sumpah pemuda.
Sekda Micler Lakat saat menjadi Irup upacara memperingati hari sumpah pemuda.

MANADO – Sekretaris Daerah Kota Manado Micler CS Lakat mewakili Walikota GS Vicky Lumentut, perdana dalam jabatan yang baru menjadi Inspektur Upacara (Irup) memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90, Senin (29/10), bertempat di lapangan Sparta Tikala Manado.

Dalam kesempatan itu, Walikota Vicky Lumentut diwakili Sekda Lakat menyampaikan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 kepada pemuda Indonesia khususnya di Kota Manado.

“Semoga kiprah pemuda di Kota Manado semakin nyata, demi mewujudkan Kota Manado menjadi Kota Cerdas,” ujar Sekda Lakat.

Sementara, saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi, Sekda Micler Lakat mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2018 ini, bangsa Indonesia harus berterima kepada para pemuda yang telah mencetuskan Sumpah Pemuda tahun 1928.

“Hari ini kita memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018. Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini,” tandas Menpora.

Lanjut dikatakan, peringatan Hari sumpah pemuda ke-90 dengan tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia” atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena itu Revolusi mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju,” tuturnya.

Ditambahkannya, agar pemuda berperan serta memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan proses Pemilihan Umum (Pemilu) nanti.

“Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu tahun 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas. Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” terang Lakat dikutip dari sambutan Menpora.

Upacara ini diikuti oleh Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, siswa dan mahasiswa, TNI dan Polri, ASN, unsur Forkopimda, para pejabat Pemkot Manado, Camat dan Lurah se-Kota Manado. (*/swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020