Upacara Virtual HUT Kota Manado Ditengah Pandemi Covid-19 Cetak Sejarah

Walikota Vicky Lumentut bersama istri Julyeta Runtuwene, dan Wakil Walikota Mor Bastiaan bersama istri, Imelda Markus, saat menyalakan lilin kue HUT Kota Manado ke 397.

MANADO — Upacara HUT Kota Manado ke 397, yang jatuh pada hari Selasa, 14 Juli 2020, terlaksana tidak seperti biasanya. Kali ini, upacara harus dilaksanakan secara virtual, sebagian besar jajaran harus mengikutinya lewat layar televisi, laptop dan handphone.

Dalam kesempatan itu, Walikota selaku inspektur upacara mengatakan puji dan syukur kepada Tuhan Yang maha Esa karena dapat melaksanakam upacara peringatan HUT ke 397 Kota Manado, meski tidak seperti biasanya.

“Masyarakat kota Manado yang saya hormati, untuk pertama kalinya dalam sejarah, upacara dilaksanakan dan diikuti secara virtual karena situasi dan kondisi terkait pandemi virus corona sebagai penyebab yang mendorong kita untuk beradaptasi demi kelangsungan hidup.  Upacara Ini adalah salah satu contoh dari perubahan dari tata cara dan cara hidup yang berubah,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Lanjutnya, kondisi ini telah memukul sendi-sendi kehidupan berbagai sektor dan telah berdampak, mulai dari kesehatan, perekonomian, hingga sosial budaya. Saat ini penularan penyakit Covid-19 di Kota Manado masih terus terjadi.

Foto bersama, Walikota Manado Vicky Lumentut, Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, unsur Forkopimda, dan TP PKK Manado.

“Yang dapat kita lakukan sekarang hanyalah pencegahan sembari menanti vaksin yang tepat untuk melawan virus Covid19. Ada dua hal terpenting yang kita miliki untuk melestarikan hidup, pertama ialah ilmu pengetahuan dan yang kedua ialah hati nurani. Berbekalkan ilmu pengetahuan kita dapat melakukan protokol kesehatan secara efektif dan efisien untuk mencegah penularan virus Corona. Dengan hati nurani kita pun bisa melawan virus dengan saling memanusiakan manusia lain,” ucap Walikota.

Tambahnya, bersama torang bisa dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di kota Manado. Ayo rakyatku, bergotong-royong kita hadapi covid-19, dengan disiplin dalam menjalankan semua protokol kesehatan, momentum perayaan HUT kota Manado ke 397 ini, kita masuk dalam pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat sehat dan aman dari covid-19, Tuhan Memberkati Torang Semua.

Turut hadir dalam upacara baik langsung maupun virtual, unsur forkopimda Kota Manado, ketua dan wakil ketua serta anggota DPRD Kota Manado, para walikota dan ketua DPRD Kota Manado periode periode sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Manado, Forum kerukunan umat beragama Kota Manado forum pembauran kebangsaan Kota Manado, ketua tim penggerak PKK Kota Manado bersama jajaran, ketua dharma wanita Kota Manado bersama jajaran, para tokoh masyarakat, tokoh agama, pimpinan organisasi sosial politik, organisasi pemuda kemasyarakatan dan LSM, staf ahli, asisten, kepala perangkat daerah, Camat, Lurah dan segenap pegawai negeri sipil dan tenaga harian lepas yang ada di jajaran Pemerintah Kota Manado. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020