Upaya Dinas Kelautan dan Perikanan Sangihe, Dalam Meningkatkan Hasil Tangkap Nelayan

Manadoline.com, Tahuna- Menyambut Hari Nelayan Nasional yang diperingati setiap tanggal 6 April, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Sangihe telah merancang grand desain yang telah dipresentasikan kepada kementerian pemerintah pusat. 


Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ir Rentje Tamboto saat ditemui diruang kerjanya Senin (5/04/2021). 


“Memperingati Hari Nelayan Nasional beberapa waktu lalu kami telah membuat grand desain tentang Sangihe yang telah dipresentasikan kepada kementerian di pemerintah pusat. Dimana bapak Bupati turun langsung bersama dalam rangka mempresentasikan grand desain itu, karena beliau sangat respek terhadap pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” katanya. 


Lanjutnya, dalam grand desain itu difokuskan pada penangkapan. Kemudian budi daya laut dengan tidak meninggalkan kegiatan-kegiatan perikanan. 

Kadis Kelautan dan Perikanan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ir Rentje Tamboto.


“Kementerian merespon apa yang dipresentasikan oleh pemerintah daerah. Sehingga mendapat perhatian khusus dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Perbatasan serta selain itu Kementerian Perekonomian juga memberikan dukungan. Dan pastinya kita akan meminta dukungan juga ke pemerintah provinsi,” jelasnya. 


Disinggung apakah di Tahun 2021 DKPD Sangihe akan memberikan bantuan kepada nelayan, dirinya membenarkannya bahwa akan ada bantuan Kapal Pamo. 


“Di tahun ini kita akan memberikan bantuan kepada masyarakat berupa Pamo, Pelang, Coolbox, dan alat pancing. Sudah disiapkan beberapa strategi berupa penanganan tehadap penangkapan ikan itu sendiri. Kita juga akan melakukan pembinaan kepada nelayan, baik itu pada saat penangkapan dan pasca tangkap ikan tuna. Dan pembenahan terhadap pengolahan hasil ikan,” ungkapnya. 


Dirinya pun mengakui akan melakukan pelatihan terhadap masyarakat pembudidaya di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang bekerjasama dengan Balai Perikanan Kota Bitung. 


“Dan dalam mengoptimalisasi kegiatan perikanan, dari hulu hingga hilir itu harus dioptimalkan. Ada yang melakukan penangkapan dan ada yang melakukan pelelangan ikan. Memang Tempat Pelelangan Ikan merupakan kewenangan dari provinsi,” ujarnya.


“Sehingga kami telah mengusulkan harapan keinginan masyarakat Sangihe untuk segera mungkin dibangun Tempat Pelelangan Ikan. Kabupaten sendiri tugasnya melakukan pengawasan dan pengendalian. Kita tetap kawal ini, dan semoga bisa cepat terealisasikan,” pungkasnya. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020