Usul Rektor Unima untuk Pemkot Manado di Rakor Peningkatan Mutu Organisasi & Tenaga Keolahragaan

MANADO – Rektor Universitas Manado (Unima), Prof. Julyeta P.A Runtuwene (JPAR) memberikan solusi kepada Pemkot Manado dalam peningkatan olahraga berprestasi dari sudut pandang akademisi.

Ini katakan JPAR yang juga ketua TP-PKK Kota Manado saat diundang Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Manado membawakan materi dalam Rapat Koordinasi Peningkatan Mutu Organisasi dan Tenaga Keolahragaan di salah satu hotel kawasan Megamas Manado, Kamis (27/2/2002).

Dia meminta agar Pemkot Manado membuat peta olahraga. Dari situ akan terlihat, berapa banyak SDM yang dibutuhkan dalam peningkatan cabang olahraga di Kota Manado.

“Disitu bisa kita lihat berapa banyak guru olahraga yang dibutuhkan, kemudian bidang apa saja, atau tenaga ahli seperti apa contohnya pelatih yang dibutuhka,” katanya.

Dari kebutuhan SDM itu menurut JPAR, akan bisa bersinergi dengan perguruan tinggi dalam mengusulkan mahasiwa-mahasiswa atau lulusan yang memang kompeten di bidang itu.

Rektor UNIMA, Julyeta P.A Runtuwene saat diundang membawakan materi dalam Rakor Peningkatan Mutu Organisasi dan Tenaga Keolahragaan yang digelar Dispora Manado.

Selain itu, dengan membuat peta olahraga berdasarkan karakter potensi olahraga, akan diketahui cabang-cabang olahraga yang akan didorong untuk berprestasi.

“Kita bisa lihat dari situ mana cabang olahraga yang butuh pelatih atau ditambah pelatihnya termasuk potensi cabor yang perlu dikembangkan,” ujara JPAR.

Dengan begitu, kata istri tercinta wali kota Manado, GS Vicky Lumentut, pembinaan olahraga di Kota Manado bisa terfokus. “Ini yang perlu kita dorong ke pemerintah agar atlet lewat menejemen yang ada bisa terus berprestasi,” pungkas JPAR. ***

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020