[Video]: Jelang Munas APEKSI 2020, GSVL Ketua PDP Wali Kota se Indonesia Evaluasi Program Kerja Pengurus 2019

JAKARTA – Jika tak ada aral melintang, Mei 2020, APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) akan menggelar Munas ke VI di Kota Tanggerang Selatan (Tangsel) sebagaimana kesepakatan dalam Rakernas APEKSI XIV di Semarang Juli 2019 lalu.

Pelaksanaan Munas APEKSI di Tangsel tersebut menjadi akhir dari masa jabatan Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany selama menahkodai organisasi tersebut.

Sebagai Ketua Pengawas Dewan Pengurus (PDP) APEKSI, GS. Vicky Lumentut (GSVL) yang juga wali kota Manado merasa bertanggung jawab untuk membahas program kerja APEKSI tahun 2020 di depan 98 wali kota se Indonesia, serta persiapan Munas APEKSI VI sebelum masa jabatan Airin sebagai ketua berakhir .

Evaluasi program kerja itu berlangsung di depan rapat dewan pengurus, Selasa (18/2/2020) di Jakarta. Airin memaparkan program kerja kepengurusannya tahun terakhir periode yakni 2019 serta persiapan Munas nanti. “Kami dewan pengurus bersama pengurus APEKSI membahas program kerja dibawah kepengurusan Ibu Airin serta evaluasi rencana pendapatan dan penggunaan anggaran APEKSI,” kata GSVL.

Menurut Airin, sejumlah program kerja kepengurusannya, salah satu menghadirkan mantan Mendagri Tjahjo Kumolo dalam Rakernas APEKSI di Semarang. “Dan pada tanggal 23 Oktober 2019, kami menghadirkan Mendagri baru, Pak Tito Karnavian memperkenalkan diri kepada dewan pengurus serta menyampaikan beberapa rekomendasi,” jelas Airin di depan pengawas dewan pengurus APEKSI.

Ketua Pengawas Dewan Pengurus APEKSI, GS Vicky Lumentut yang juga Wali Kota Manado di sela-sela rapat dewan pengurus, Selasa (18/2/2020) di Jakarta jelang Munas APEKSI VI di Kota Tangsel Mei nanti

Sementara GSVL sebagai Ketua Pengawas Dewan Pengurus APEKSi mengungkapkan, dalam Rakernas di Semerang tahun lalu, melahirkan 7  program kerja dan 12 rekomendasi yang diputuskan pada sidang pleno.

Tujuh program kerja tersebut yakni, bidang lingkungan hidup. bidang kerja sama antara daerah, bidang kerja advokasi kebijakan dan regulasi, bidang kerja peningkatan kapasitas Pemerintah Kota, bidang kerja komunikasi dan informasi, bidang Kerja kehumasan dan kerja sama dan terakhir, bidang kerja penguatan organisasi Apeksi.

“Untuk rekomendasi yang diputuskan dalam Rakernas saat itu, diantaranya penambahan dana kelurahan, penguatan aparatur sipil negara dan P3K.Ppenguatan aparat pengawasan intern pemerintah, penyelenggaraan pemerintahan umum. Ada juga bidang perijinan yang harus terintegrasi secara elektoral, online single submission. Termasuk soal infrastruktrur, lingkungan, transportasi, pembangunan berkelanjutan, kesehatan, kota-kota pantai dan terakhir bidang pendidikan,” jelas Wali Kota Manado dua periode ini..

Mengenai pelaksanaan Munas APEKSI ke VI, Airin menyatakan Kota Tangsel sudah sangat siap. Mulai dari lokasi pelaksanaan Munas di Indonesia City Expo, lokasi penanaman pohon dan berbagai rangkaian kegiatan lainnya. “Terimakasih Bu Airin, wali kota Tangsel sebagai tuan rumah (Munas VI) dan sekaligus sudah memimpin rapat,” ungkap GSVL. (ant)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020