Wah Wah…Setiap Malam Taksi Online Bikin Terminal Bayangan Didepan Mantos 3

Tampak kendaraan taksi online saat parkir liar didepan Mantos 3, Jumat (1/12) malam hari.

MANADO – Pemandangan tidak sedap terlihat didepan Manado Town Square (Mantos) 3, Jumat (1/12) malam hari. Pasalnya, sejumlah taksi online sudah berjejer memarkir kendaraan tanpa ada sopir didalamnya sambil menunggu orderan penumpang.

Sikap yang tunjukkan para sopir taksi online ini sangatlah tidak terdidik, karena sudah tidak beda jauh dengan yang dilakukan sopir mikro. Yang mana, kadang melakukan parkir liar atau menjadikan terminal bayangan suatu lokasi, yang turut menyebabkan kemacetan yang sangat meresahkan warga.

Akademisi Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah Pasca Sarjana Universitas Sam Ratulangi Charles Ngangi menjelaskan kebiasaan yang ditunjukan para sopir taksi online merupakan perilaku bawaan. Apalagi, jika benar sopir taksi online sebelumnya pernah menjadi sopir mikrolet, ini sulit diubah.

“Perlunya sosialisasi tertib berlalu lintas untuk semua sopir baik untuk taksi online, maupun mikrolet atau taksi lainnya. Sebab, bila tanpa regulasi atau sanksi, seenaknya para sopir akan melakukan hal ini terus-menerus dan bakal meresahkan warga. Apalagi, lokasi terminal bayangan berada di jalan utama Kota Manado yang rawan akan kemacetan,” jelas Charles.

Lanjut dikatakan, ngetem sopir taksi online sangat strategis menambah beban kemacetan. Sebab, sebelum mencapai Mantos 3, masyarakat sudah diresahkan dengan jalan potong dari Hotel Four Point ke pertigaan menuju Rumah Kopi K8. Sebab itu, diharapkan bagi Pemerintah ataupun instansi yang berwenang menangani masalah ini harus tegas dalam penindakan juga edukasi dan regulasi.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado M Sofyan saat dihubungi mengatakan akan menindaklanjuti. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020