Wakili IWO Manado di Tim Perumusan AD/ART IWO, Siagian Janji Perjuangkan Hak dan Perlindungan Hukum Wartawan

Tampak jajaran pengurus IWO Manado saat berada di Mubes IWO beberapa waktu lalu.

MANADO – Sekrataris Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Manado Simon Siagian capai prestasi gemilang. Dibawah kepemimpinan Anto Reppy sebagai Ketua IWO Manado, Siagian buktikan kapasitas dan masuk dalam Tim Perumusan AD/ART, yang terdiri dari sepuluh orang mewakili IWO se-Indonesia.

Ke-10 orang yang dipercayakan sebagai perumus AD/ART IWO dideadline waktu sebulan, sejak dilaksanakan Mubes IWO (Musyawarah Bersama Pertama Ikatan Wartawan Online) pada 9 September 2017 lalu. Siagian yang mewakili IWO Manado berjanji bakal perjuangkan hak-hak dan perlindungan hukum bagi wartawan online.

“Dalam Mubes IWO beberapa waktu lalu, tidak dimuat mengenai hak dan perlindungan hukum bagi wartawan media online dalam draft AD/ART. Tidak hanya itu, jenjang pengambilan keputusan juga tidak tersedia dalam draft, yang takutnya akan ada keputusan yang semena-mena ke organisasi,” ujar Siagian.

Lanjut dikatakan, dengan masuk sebagai Tim Perumus AD/ART IWO, bakal serius memperjuangkan hak-hak dan perlindungan hukum bagi wartawan. Sebagaimana, seperti yang sudah dipercayakan Ketua IWO Manado untuk duduk di Komisi A dan menmbahas AD/ART IWO.

“Amanat yang sudah dipercayakan akan dijalankan dengan baik. Meskipun dalam pembahasan berjalan alot, kami semua menginginkan hasil yang terbaik. Dan melalui kepercayaan ini kami tim perumus diberi waktu satu bulan untuk menyelesaikan AD/ART IWO. Sehingga, kami mohon dukungan, sebagaimana dokumen yang dikaji ini akan menjadi dasar hukum bagi IWO nantinya,” tukas Siagian.

Menariknya dalam pembahasan Mubes IWO 1, tim perumus harapkan dalam pembahasan final dan penetapan AD/ART, dilaksanakan di Kota Manado. “Terkait hal ini saya koordinasikan dahulu dengan Ketua IWO Manado Anto Reppy dan IWO Propinsi Sulut Victor Rarung,” tambahnya.

Nah, dalam tim perumus AD/ART ini, selain Sekjen juga diisi nama-nama dari Pimpinan IWO Propinsi dan Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia, diantaranya :

  1. Witanto (Sekjen DPP IWO),
  2. Muhammad Abubakar (Ketua IWO Prop. Aceh),
  3. Zulkifli Taher (Ketua IWO Prop. Sulsel),
  4. Simon RF Siagian (Sekretaris IWO Kota Manado)
  5. Kristanto. S (Bendahara IWO Kab. Kapuas, Kalteng),
  6. Rudiarjo Pangaribuan (Ketua IWO Prop. Kepri),
  7. Teguh Mahardika (Ketua IWO Prop. Banten),
  8. Wawan Surmawan, (Ketua IWO Prop. Lampung)
  9. Mas Jaya (Ketua IWO Prop. Sultra)
  10. Deddy Hasta (Wakil Ketua Dewan Etik IWO Prop. Sulsel). (sten).
IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020